Masuk Pasar Tradisional, Mendag Tidak Keluarkan Izin Cabe Impor

35
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | JAKARTA  – Seiring harga cabe melonjak tinggi hingga Rp150 ribu per kilo, tersiar kabar peredaran cabai impor di Pasar Tradisional Tulungagung, Jawa Timur. Anehnya, Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita, menyangkal bahwa pihaknya telah mengeluarkan izin impor cabe impor.

“Jadi tidak pernah ada mengeluarkan izin impor cabe. Kalau ada cabe masuk, itu ilegal,” katanya ditemui usai menjadi salah satu pembicara dalam Rapat Koordinasi Nasional Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Kabupaten Badung, Bali, Jumat (24/2/2017).

Kalau mengenai cabe kering, Mendag Enggartiasto mengatakan bahwa bukan merupakan kewenangan Kemendag karena pihaknya tidak diatur hal tersebut.

Menanggapi itu, Enggartiasto menyatakan pihaknya berkoordinasi dengan aparat kepolisian dan bea cukai yang memiliki langkah untuk melakukan tindakan hukum. Ia juga telah berkomunikasi dengan sejumlah produsen dan distributor untuk beberapa komoditas memastikan bahwa kebutuhan pokok masyarakat tidak langka.

Beberapa bulan terakhir ini, warga mengeluhkan kenaikan komoditas cabe, ditambah dengan masuknya cabe impor masuk pasar-pasar tradisional, seperti di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Sementara cabe impor lebih murah 50 persen dari harga pasaran.(Pos Kota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here