Maret Kemenhub Operasikan Kembali Jembatan Timbang

396
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | JAKARTA – Sejak kewenangan Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB) atau yang lebih dikenal dengan Jembatan Timbang (JT) beralih kepada pemerintah pusat maka pelayanan UPPKB akan dilaksanakan kembali beroperasi mulai Maret 2017.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Pudji Hartanto  mengungkapkan untuk memastikan Jembatan Timbang  beroperasi secara baik harus dilakukan evaluasi terhadap Standar Prosedur Operasi (SOP) dan pelaksanaan di lapangan.

Disebutkan  fungsi jembatan timbang harus sebagai pengendali muatan kendaraan di Jalan Nasional. Oleh karenanya harus ada pembenahan baik personil maupun peralatan.

Pudji mencontohkan jembatan timbang Losarang adalah salah satu dari 9 lokasi jembatan timbang yang dijadikan proyek percontohan untuk pembenahan.

Terkait sumber daya manusia yang ada sekarang, dirjen berjanji akan di benahi dan jumlah personilnya juga akan disesuaikan karena jam kerjanya full 24 jam untuk mengawasi kendaraan.

Selain SDM, faktor peralatan juga mendapat perhatian Pudji yang dijanjikan akan diperbaiki dan ditambah peralatannya untuk menunjang pengawasan muatan kendaraan diantaranya  pengawasan muatan lebih akan mengoptimalkan teknologi.

“Sudah bukan jamannya lagi menimbang kendaraan menggunakan ilmu kebatinan,” kata Pudji.  “Pembenahan ini untuk memastikan keselamatan kendaraan di jalan, baik kendaraan pembawa barang maupun kendaraan lain,” tambahnya

Selain itu juga untuk menciptakan kenyamanan bagi para pengemudi karena tidak terjadi kemacetan. (Pos Kota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here