Mendikbud Minta Masyarakat Agar Lebih Mencintai Film Nasional

43
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | JAKARTA – Di tengah derasnya serbuan film asing Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy meminta masyarakat untuk lebih mencintai film nasional. Tanpa dukungan masyarakat sulit bagi film nasional untuk bisa berkembang dengan baik.

“Kami mendorong Badan Perfilman Indosesia (BPI) untuk berjuang dalam membangun masyarakat yang mencintai  film nasional,” katanya  usai membuka   Rapat Paripurna BPI di Jakarta, kemarin.

Menurut Muhadjir, jika  masyarakat  belum mencintai   film nasional maka  akan sulit  dunia perfilman nasional berkembang. Harus tercipta adanya   simbiosis antara penonton dan produksi film nasional.

Untuk menciptakan masyarakat yang mencintai film nasional perlu  dibangun sejak dini. Anak-anak harus dibiasakan memberi apresiasi terhadap karya anak bangsa.

Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), khususnya pada pendidikan dasar, sekolah juga diajak  melakukan kegiatan belajar mengajar tdiluar  kelas.

Para siswa bisa  diajak  untuk nonton film nasional bersama-sama. Setelah itu mereka  membahas  film yang ditontonnya bersama  serta meminta kesan dari isi filmnya. Siswa diberi kesempatan  mengekspresikan ulang film  yang  ditontonnya.

Muhadjir berjanji  akan mengajak para seniman dan budayawan untuk masuk ke sekolah. Di sana mereka  dapat memberikan inspirasi dan motivasi kepada para siswa untuk lebih mencintai seni dan budaya Indonesia, khususnya film nasional.

Langkah ini dinilai tepat  agar  anak-anak lebih mencintai film nasional dengan mendekatkan mereka kepada para pemerannya langsung. (Pos Kota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here