Ratusan Anak Ikuti Gemar Gemas

59
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | JAKARTA – Sebanyak 150 anak PAUD di RT 09/02 Kelurahan Cipinang Besar Utara, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur ikuti kegiatan GemarGemas, Minggu (19/2/2017). Kegiatan yang digagas Tim Penggerak PKK Kecamatan Jatinegara bekerjasama dengan Bunda Pintar Indonesia tersebut dihadiri oleh Camat Jatinegara Nasrudin Abu Bakar dan Ketua TP PKK Kecamatan Jatinegara, Meidiati.

“Meskipun tinggal dipermukiman padat, anak-anak usia dini harus mendapatkan haknya untuk bisa tumbuh dan berkembang dengan baik,” papar Camat.

GemarGemas (generasi emas) sendiri merupakan kegiatan untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Baik secara fisik, psikologi, motorik maupun sensorik.

Menurut Camat, usia dini adalah usia emas perkembangan anak. Itu sebabnya, setiap orang tua harus memanfaatkan masa tersebut untuk membuat anak tumbuh lebih baik.

“Intervensi dalam arti perhatian dari lingkungan juga sangat dibutuhkan, jadi tidak melulu orangtua,” tambahnya.

Nasrudin berpesan kepada para orangtua untuk memperhatikan dan memberikan hak-hak anak seperti hak pendidikan, hak kesehatan, hak bermain, hak berpendapat dan hak-hak lainnya. Selain itu setiap orangtua juga harus menjaga dan mengawasi anak anak usia dini ini agar terhindar dari bahaya narkoba, kekerasan dan kejahatan seksual serta paham-paham sesat yang akan menghancurkan masa depan mereka. Tidak ada lagi orang tua yang mengekploitasi mempekerjakan anak-anak didalam mencari nafkah.

Ketua TP PKK Kecamatan Jatinegara Meidiati mengatakan kelurahan Cipinang Besar Utara kini memiliki PATBM (Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat). Melalui PATBM, kader PKK dan siapapun bisa melakukan sosialisasi bagaimana cara mendidik anak yang baik dan benar dengan melibatkan kepedulian masyarakat sekitar.

“Tidak ada lagi istilah masa bodo saat melihat anak tidak sekolah meski itu anak tetangga. Kita semua harus peduli dan mengantarkan setiap anak untuk mendapatkan hak pendidikan,” jelas Meidiati.

Pada kesempatan itu diberikan 150 paket Gemas BPI berupa buku tulis, alat tulis sekolah, susu roti dan lainnya. Juga mengajar 1.000 generasi emas (GemarGemas) dan bantuan paket sembako kepada 10 petugas PPSU Kelurahan Cipinang Besar Utara.(Pos Kota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here