Puluhan Ribu Surat Suara Pilkada DKI Dibakar

42
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | JAKARTA – Sebanyak 46.628 surat suara pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017 dimusnahkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta. Pemusnahan dilakukan dengan cara dibakar, di halaman kantor KPU DKI Jakarta, Jalan Salemba Raya, Paseban, Senen, Jakarta Pusat, Selasa (14/2/2017).

Ketua KPU DKI Jakarta, Sumarno, menerangkan pemusnahan dilakukan pada surat suara rusak, dan surat suara berlebih. “Kategorinya adalah surat suara rusak itu 22.444 dan surat suara yang baik atau kelebihan suara itu 22.184,” kata Sumarno, di sela-sela pemusnahan.

Sumarno menguraikan semula menerima surat suara dari percetakan yang langsung didistribusikan ke lima wilayah kota dan satu kabupaten di DKI Jakarta. Penyortiran itu untuk memisah surat suara yang rusak kemudian surat suara yang baik dan bisa digunakan untuk kebutuhan pemungutan suara pada Pilkada DKI Jakarta 2017.

“Nah dari sortiran surat suara yang rusak itu kemudian dibuat berita acara di tiap-tiap kota yang disaksikan dan juga ditandatangani oleh pengawas pemilu di tingkat kota kemudian juga disaksikan oleh aparat pengamanan di tingkat kota dan kemudian seluruh kota dikumpulkan di tingkat provinsi, dan pada hari ini surat suara yang dikategorikan rusak itu juga sudah terkumpul di sini,” urainya.

surat suara

Lalu mengapa puluhan ribu surat suara itu harus dimusnahkan? “Karena nanti kami harus memastikan bahwa pada saat pemungutan suara dan sekaligus akan diikuti dengan pemilihan suara tidak ada surat suara satu pun yang beredar selain surat suara yang sudah didistribusikan di TPS masing-masing,” imbuhnya.

Pilkada DKI Jakarta 2017 akan dilaksanakan pada Rabu (15/2/2017) mulai pukul 07.00 sampai 13.00 WIB. Adapun jumlah tempat pemungutan suara (TPS) di ibukota sebanyak 13.023.

“Semua surat suara yang disediakan sudah fix jumlahnya, berjumlah sejumlah DPT yang ada di TPS ditambah dengan 2,5 persen surat suara sebagai cadangan,” kata Sumarno.

Pemusnahan surat suara rusak dan berlebih itu juga disaksikan oleh sejumlah awak media massa, perwakilan dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) DKI Jakarta, Polda Metro Jaya dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DKI Jakarta.  (Pos Kota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here