Benchmark Ajang Klub Mobil

133
0
SHARE

BHARATANEWS.ID I BOGOR – Setelah sukses dengan touring Jawa-Bali pada pengujung 2016 lalu, Trajet Family Club (TFC) awal tahun ini kembali menggelar event besar, yakni Fun Camping & Charity.

Kegiatan yang diikuti sekitar 200 member dan keluarganya ini dilaksanakan pada akhir pekan, 7-8 Januari 2017, di Lingkung Gunung Adventure Camp, kawasan Perkebunan Pancawati, Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango, Bogor, Jawa Barat.

Event dua hari satu malam yang digawangi panitia dari TFC Chapter Depok ini disebut-sebut layak menjadi standar atas atau benchmark kegiatan klub/komunitas automotif skala nasional karena rangkaian acara yang lengkap dan menyentuh semua lini.

Menurut pembina TFC Soebjakto Markatam, TFC Fun Camping & Charity 2017 bisa dikatakan merupakan paket ekstra lengkap yang mengasyikkan bagi member dan keluarganya sejak awal hingga akhir acara. Dimulai dari konvoi rally di jalanan aspal mulus di tol Jagorawi, dilanjutkan medan menanjak dan menurun melintasi hutan dengan jalanan tanah, berbatu, hingga berlumpur untuk mencapai lokasi acara di perbukitan.

“Medannya cukup menantang untuk mobil big MPV seperti Hyundai Trajet. Keterampilan member TFC dalam mengemudi teruji dan terasah di sana. Pada saat yang sama, keluarga yang mereka bawa dapat menikmati panorama indah dataran tinggi di kaki Gunung Gede sepanjang perjalanan,” tutur Tjak Bi, sapaan Soebjakto.

Ketua Umum TFC Bambang Andrianto menambahkan, poin lain yang membuat kegiatan ini lengkap adalah konsep glamorous camping (glamping ) yang sedang tren sehingga menjadi sensasi tersendiri bagi para member dan keluarga mereka. Belum lagi sesi coaching clinic dan defensive driving class yang menghadirkan para pakar di bidangnya.

Kegiatan bakti sosial menjadi salah satu acara utama, yakni berupa renovasi tempat ibadah dan sarana pendidikan anak usia dini (PAUD) di sekitar kamp. Terkumpul dana mencapai lebih dari Rp10 juta, baik melalui penggalangan donasi sebelumnya maupun sumbangan spontan di lokasi acara.

“Cukup edukatif bagi anakanak karena menanamkan nilai-nilai sosial kepada mereka,” kata Bambang yang akrab disapa Andry “Begox” Aldynes ini. Kegiatan malam hari diisi dengan barbeque party , game , organ tunggal, dan renungan malam di sekitar api unggun, dan dilanjutkan penerbangan lampion.

Koordinator TFC Chapter Depok Asmantoro Karna menuturkan, setiap peserta merasa istimewa karena panitia menggelar beragam game seru untuk keluarga melibatkan anak-anak dan istri. Hadiah pun sangat berlimpah dari para sponsor. Tidak ada peserta yang tidak membawa pulang bingkisan.

“Alhamdulillah kami didukung 21 sponsor dari sejumlah brand besar,” sebut pria yang akrab disapa Om Toro ini. Menurut dia, konsep hingga pelaksanaan acaranya layak menjadi acuan kegiatan klub automotif lainnya. Dian Erika, member TFC dari Bandung, mengapresiasi pemilihan lokasi, persiapan yang rapi, sarana MCK yang tersedia dengan baik dan profesionalisme panitia.

“View -nya bagus. Apalagi saat sunset dan sunrise . Kami juga senang ada sesi photo booth dan foto seluruh peserta dengan drone untuk menjadi kenangan indah,” tutur salah satu peserta kontes foto keluarga ini. Sugeng Adi, member dari Bekasi, mengaku puas mengikuti TFC Fun Camping & Charity 2017.

“Semua rangkaian acara terjadwal dengan baik. Tidak ada waktu yang dibiarkan kosong. Selalu ada acara yang menarik untuk keluarga,” katanya. “Ini yang disebut touring murah meriah, kemping bertabur hadiah, jalanjalan sambil ibadah,” timpal Didiet Nugroho, member dari Depok. Ketua Panitia TFC Fun Camping & Charity Yudha Yogaswara, meyampaikan terima kasih dan apresiasinya kepada para sponsor, pengisi acara dan peserta.

“Semoga TFC semakin guyub, bermanfaat bagi masyarakat dan bersinergi dengan stake holderlainnya. Untuk komunitas non profit seperti TFC, ini masanya more collaboration, less competition,” tutur Om Jegor, panggilan Yudha. TFC per Januari 2017 telah memiliki sekitar 1.200 anggota yang tersebar di seluruh Indonesia. Hampir setiap kegiatan klub yang berdiri pada 2005 ini melibatkan keluarga member.

Galang Donasi Spontan

Bakti sosial menjadi salah satu agenda utama dalam rangkaian acara Fun Camping & Charity 2017 yang digelar komunitas Trajet Family Club (TFC) pada 7-8 Januari lalu di Lingkung Gunung Adventure Camp, Bogor, Jawa Barat. Dalam penggalangan dana renovasi Masjid Al Amin di Kampung Cimande Girang, Kelurahan Cimande, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor (dekat dengan lokasi kemping), berhasil terkumpul dana Rp6,5 juta.

Dana ini langsung dibelanjakan berbagai material untuk perbaikan sarana wudu dan MCK masjid. Penyerahan sumbangan diwakili oleh Sekretaris Jenderal TFC Om Deddy Kusuma dan Koordinator TFC Chapter Depok Om Asmantoro kepada tokoh agama setempat, Ustaz Toni dan salah satu pengurus masjid, Mang Ade.

Dalam perjalanan kembali ke lokasi kemping, tim dari TFC menemukan sebuah bangunan yang nyaris roboh di pinggir lembah. Banyak retakan di tembok bangunan bagian depan. Lantai dan dinding di sisi-sisi lain terbuat dari kayu yang sudah lapuk. Ternyata bangunan ini digunakan sebagai sekolah pendidikan anak usia dini (PAUD).

Ada 12 siswa anak-anak setempat yang bersekolah di sana. TFC pun tergerak untuk menggalang dana bantuan perbaikan bangunan PAUD tersebut dari para peserta kemping. Meski secara spontan, langsung terkumpul dana Rp3,6 juta yang langsung diberikan kepada pengurus PAUD. Anak-anak yang bersekolah di sana pun mendapat sejumlah paket dan goodie bag dari sponsor.

Paket-paket itu diserahkan oleh anak-anak para member TFC sesuai tradisi acara yang diadakan oleh TFC Depokers. Total donasi yang digalang dalam acara kemping ini mencapai Rp10,1 juta. “Ini bukan kisah tentang nilai donasi. Tapi lebih dari itu, ini tentang doa dan harapan tulus kita, ” ujar Sekjen TFC Om Deddy.

armydian kurniawan.(koran-sindo.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here