Tiga Mobil Disulap Jadi Jendela Dunia, Solusi untuk Sekolah yang Tak Punya Banyak Koleksi Buku

2551
0
SHARE

BHARATANEWS.ID I BOGOR – Mobil Cerdas Perpustakaan Daerah Kota Bogor masih menjadi solusi bagi sekolah-sekolah di Kota Bogor yang belum memiliki banyak koleksi buku di perpustakaannya.

Sejak beroperasi dari tahun 2006 lalu, hingga saat ini mobil cerdas terus memfasilitasi para pelajar Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Staf Pelayanan Perpustakaan Daerah Kota Bogor, Edy Suryanto mengatakan, saat ini pihaknya memiliki enam armada mobil cerdas.

“Ada enam, tapi yang beroperasi hanya tiga saja, karena kita kekurangan personel,” ujarnya kepada TribunnewsBogor.com, Rabu (2/2/2017).

Dia menjelaskan bahwa di tahun 2017 ini mobil cerdas tersebut baru akan mulai beroperasi minggu depan.

“Soalnya anggaran untuk biaya operasionalnya baru turun, jadi kita baru akan beroperasi mulai senin besok (7/2/2017),” jelasnya.

Lanjut Edy menjelaskan dalam satu minggu mobil cerdas beroperasi selama empat hari.

Dengan mengutamakan datang ke sekolah SD dan SMP yang dinilai belum difasilitasi koleksi buku yang lengkap.

“Di Kota Bogor sendiri masih banyak sekolah yang belum punya koleksi buku yang lengkap, nanti setiap hari Senin sampai Rabu, kemudian hari Minggu mengunjungi Taman Kota seperti Taman Heulang dan Taman Sempur,” terangnya.

Satu mobil cerdas sendiri dilengkapi lima ratus sampai dua ribu buku.

“Jadi tergantung kapasitas mobilnya, ada yang muat banyak dan ada yang terbatas. Koleksi bukunya itu ada buku cerita, novel, pengentahuan umum, buku pelajaran, kalau di taman biasanya ada buku masak, buku wirausaha dan lain sebagainya,” terangnya.

Dia menambahkan bahwa mobil cerdas tersebut juga dapat mengunjungi sejumlah tempat lainnya berdasarkan permintaan masyarakat Kota Bogor.

“Kalau masuk ke wilayah itu paling harus berdasarkan permintaan dulu dengan mengirimkan surat ke kami, soalnya dari yang sudah-sudah kalau tiba-tiba datang langsung ke wilayah itu minat masyarakat untuk membaca buku masih kurang,” tukasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here