Hati-hati! 30 Persen Handphone Ilegal Beredar

77
0
SHARE

BHARATANEWS.ID I BEKASI – Jumlah handphone Black Market (BM) yang telah beredar di pasaran sudah semakin tinggi. Oleh karena itu, pemerintah harus punya cara untuk menghadang peredaran handphone ilegal tersebut.

Vice President PT Samsung Electronics Indonesia, Lee Kang Hyun mengatakan, peredaran handphone black market di pasaran jumlahnya cukup lumayan banyak.

“Ada sekitar 30 persen dari jumlah seluler yang asli telah beredar di pasaran,” ujar Lee, akhir pekan lalu di Jakarta.

Menurut Lee, beredarnya produk-produk handphone ilegal itu terjadi tidak hanya di penjualan online, tetapi juga sudah banyak di toko-toko yang ada di pasar. Kondisi ini tentunya merugikan konsumen serta pemerintah.

“Saya lihat sudah banyak e-commerce dan pasar-pasar. Ini merugikan konsumen karena tidak jelas asal-usulnya, juga negara karena tidak bayar pajak,” beber Lee.

Meski demikian, kata Lee, sebenarnya pemerintah sudah memiliki aturan yang bagus, dalam mengembangkan industri ponsel di Indonesia. Hanya saja ada beberapa hal yang belum tersentuh, salah satunya aturan main dari para e-commerce.

“Kami berharap agar peraturan yang mengatur jual beli secara online, bisa segera direalisasikan oleh pemerintah,” tukas Lee. (oke/pojoksatu.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here