PT. KAR Buang Limbah Ternak Ke Sungai???

68
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | BOGOR – Warga Desa┬ádi Kecamatan Rumpin Kabupaten Bogor terancam bahaya oleh aliran sungai yang bercampur limbah hewan ternak di Sungai Citempuhan yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertangggung jawab.

Pasalnya beberapa perusahaan ternak di beberapa Desa di Kecamatan Rumpin yaitu Desa Rabak terindikasi telah melakukan pencemaran lingkungan dengan membuang limbah ternak ke aliran sungai Citempuhan yang mana air sungai tersebut masih digunakan oleh warga sekitar.

Selain itu, ditemukan juga kotoran hewan ternak yang telah dimasukan kedalam karung dan dibuang di pelantaran sungai dibawah PT. KAR atau Karya Anugrah Rumpin, PT KAR sendiri adalah perusahaan Swasta yang bergerak di bidang pembibitan dan penggemukan sapi.

Dari setiap air sungai yang bercampur dengan limbah, akan terlihat lebih keruh berwarna kecoklatan dan sangat berbau tidak sedap.

Siten, warga Kampung sekitar menuturkan bahwa sebagian besar warga menggunakan sungai Citempuhan untuk mencuci baju dan mandi dikala air bersih kering saat kemarau tiba.

“Ya kita pake air dari sungai kalau air bersih nya mulai kering kalau bulan kemarau. Kita juga udah tau kalau aliran sungai itu udah jadi tempat pembuangan limbah, tapi mau gimana lagi. Paling yang kerasa ya gatel – gatel, mual gara – gara bau”, tuturnya,

Selain itu warga lainnnya RN mengatakan perusahaan ternak tersebut membuang limbah pada saat malah hari atau pagi hari disaat hujan.

“Yang saya tahu sih mereka membuang limbahnya pagi atau malam saat hujan, dampaknya air menjadi kuning dan kotor”, ujarnya.

Banyak masyarakat yang merasa dirugikan akibat tercemarnya bantaran sungai citempuhan ini, warga hanya bisa mengeluh tanpa adanya solusi dari permasalahan tersebut. Warga seakan diam memendam penderitaan yang panjang akibat limbah tersebut.

Saat hendak dikonfirmasi, PT.KAR tidak mau memberikan keterangan terkait penemuan limbah yang ditemukan di bawah area PT. KAR tersebut. (her/ry/jat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here