Ini Syarat Minimarket Beroperasi Di Depok

1348
0
SHARE

BHARATANEWS.ID I DEPOK – Pemkot akan lebih ketat lagi melakukan pengawasan izin minimarket.

Meskipun moratorium telah dicabut, Pemerintah Kota (Pemkot) tidak akan cuma-cuma memberikan izin buka usaha minimarket bagi pelaku usaha. Hal ini bertujuan agar tidak semakin menjamur usaha minimarket yang menggerus pemilik toko kelontong di De[pok.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Depok, Yulistiani Mochtar, mengatakan pihaknya akan lebih ketat lagi melakukan pengawasan.

“Percepatan perizinan, jika persyaratan lengkap. Kalau tidak lengkap akan kami tolak pada saat tahap pemeriksaan berkas,” ujar Yulis kepada infonitas.com, Selasa (31/1/2017).

Lebih lanjut Yulis mejelaskan, minimarket yang akan dipenuhi izinnya adalah harus yang sudah mengantongi rekomendasi dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan. “Lalu, pemohon harus memiliki sertifikat milik pribadi atau sewa menyewa dari notaris. Tidak melanggar garis sepadan bangunan dari jalan, sungai, setu maupun sutet. Harus memiliki SKDU dari kelurahan. Dan yang tidak kalah penting adalah harus memiliki izin dari warga sekitar lokasi,” jelasnya.

Sebelumnya, berdasarkan instruksi Wali Kota Depok pada 30 Juli 2016 diberlakukan moratorium terhadap izin minimarket. Alasannya, untuk mengantisipasi menjamurnya usaha minimarket yang keberadaannya kini sudah merambah ke dalam wilayah lingkungan tempat tinggal. Ini juga dimaksudkan agar usaha yang berbasis kerakyatan tidak termonopoli oleh adanya keberadaan minimarket.

Sebelum mencabut moratorium, lanjutnya, Pemkot juga telah melakukan pengkajian meliputi pembahasan mengenai kebutuhan dan tata cara serta perbandingan antara jumlah penduduk dengan kebutuhan ideal minimarket di suatu kawasan. “Sehingga tidak menimbulkan ketimpangan dalam persaingan bisnis. Bahkan diharapkan bisa menghidupkan usaha mikro yang berbasis kerakyatan,” pungkasnya.(infonitas.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here