Home Nasional Elektrifikasi Jalur Bekasi-Cikarang Selesai Tahun Ini

Elektrifikasi Jalur Bekasi-Cikarang Selesai Tahun Ini

24
0
SHARE

BHARATANEWS.ID I BEKASI – Proyek yang dikerjakan sejak 2014 lalu itu kini sudah memasuki tahap finalisasi. Programnya sendiri akhir 2017 ini.

Pembangunan elektrifikasi lintas Kereta Api (KA) dari Stasiun Bekasi menuju Stasiun Cikarang sepanjang 17 Km sedang. Proyek pengerjaan yang dilakukan sejak 2014 lalu itu ditargetkan Kementerian Perhubungan selesai tahun ini.

Demikian disampaikan Kepala Humas Ditjen Perkeretaapian Kemenhub, Joice Hutajulu , Selasa (31/1). Menurutnya, anggaran yang dikeluarkan untuk proyek tersebut cukup besar yakni mencapai Rp 2,4 triliun. “Tapi kerjaannya itu bukan hanya Bekasi-Cikarang, tapi juga termasuk persinyalan dari Manggarai ke Cikarang,” katanya.

Joice mengatakan Kemenhub memang tengah berkonsentrasi menyelesaikan proyek elektrifikasi mulai dari Stasiun Bekasi melewati Tambun, Cibitung dan berakhir di Cikarang. Namun perlu diketauhi bila proyek ini merupakan bagian dari double-double-track (DDT) Manggarai-Cikarang yang terdiri atas Manggarai-Bekasi 18 Km dan Bekasi-Cikarang 17 Km.

Program Manggarai-Cikarang itu terbagi atas empat paket, yaitu pembangunan double-double-track (rel kereta 4 lajur) dan stasiun Manggarai-Jatinegara (Paket A), elektrifikasi Bekasi-Cikarang dan sistem persinyalan Bekasi-Jatinegara (Paket B1), modernisasi stasiun antara Jatinegara-Bekasi dan pembangunan Depo Cipinang (Paket B2-1), serta pembangunan double-double-track antara Jatinegara-Bekasi (Paket B2-2).

“Namun Rp 2,4 triliun ini banyak rinciannya, bukan hanya persinyalan atau elektrifikasi saja. Ini mencakup banyak mungkin track existing, bangunan dan yang lainnya. Dananya besar tapi sekupnya juga memang besar,” jelasnya.(infonitas.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here