Timbulkan Banjir Lokal, Sejumlah Anak Kali di Depok Dikeruk

51
0
SHARE

BHARATANEWS.ID I DEPOK – Warga mendukung upaya yang dilakukan jajaran Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (DPUPR) Kota Depok yang mulai melakukan pengerukan lumpur untuk normalisasi sejumlah saluran air dan anak kali. Sebab, sudah banyak yang dangkal dan membuat banjir lokal.

“Kami tentunya mendukung dan berharap kegiatan pengerukan lumpur atau tanah di badan anak kali atau saluran air dilakukan secepatnya agar saat musim hujan tak lagi banjir wilayah kami,” kata Usman,warga Sukmajaya, Senin (30/1).

Sebagian besar saluran air atau anak kali yang ada memang penuh lumpur dan sampah hingga membuat dangkal badan kali akibatnya saat hujan sebentar wilayah tersebut selalu kebanjiran akibat luapan air, tutur karyawan swasta di kawasan Setiabudi, Jaksel.

Hal serupa dikatakan Ny. Nining, warga Cimanggis, yang menilai kondisi anak kali sekitar lingkungannya tak hanya penuh lumpur dan sampah tapi belakangan malah banyak ditutup jembatan rumah warga yang tentunya mengganggu arus air saat hujan.

Upaya pengerukan lumpur dan sampah oleh DPUPR Kota Depok, menurut warga  sangat ditunggu termasuk pembongkaran sejumlah bangunan atau jembatan yang mengganggu arus air.\

Menggunakan Alat Berat

“Kegiatan pengerukan lumpur dan sampah di badan anak kali atau saluran air memang menjadi salah satu program DPUPR di awal tahun 2017 sebagai antisipasi musim hujan yang masih besar,”  kata Kepala DPUPR Kota Depok Manto.

Sejumlah kegiatan pengerukan lumpur, sampah dan lainnya dalam upaya normalisasi mulai dilaksanakan, tak hanya menurunkan sejumlah petugas ke lapangan, tapi juga menggunakan alat berat untuk melakukan pengerukan lumpur dan sampah.

Bahkan, tambah Manto, jajarannya malah melakukan pengerukan tanah di badan saluran air yang hanya memiliki ketinggian 30 Cm dari badan jalan akibat tumpukan lumpur yang menjadi tanah di kawasan Sukmajaya.

“Kami terpaksa seperti membuat baru saluran air karena tanahnya terlalu tebal untuk mendalamkan saluran air yang dangkal tersebut,” ujarnya. (anton/win/poskotanews.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here