Home Bisnis Miss Indonesia Tak Bosan Cari Peluang Usaha Baru

Miss Indonesia Tak Bosan Cari Peluang Usaha Baru

33
0
SHARE

BHARATANEWS.ID I JAKARTA – Menatap tahun yang baru tidak lengkap jika tidak menetapkan resolusi baru. Jika Anda bosan dengan pekerjaan Anda saat ini, tidak ada salahnya menjajal peruntungan di dunia bisnis.

Ada banyak pengusaha sukses yang bisa dijadikan contoh dari rekam jejaknya sebagai pengusaha. Mungkin Anda juga bisa melirik kisah Miss Indonesia Natasha Mannuela yang ternyata juga menjadi pengusaha sandal jepit.

Langkah kecil wanita yang akrab disapa Acha di dunia bisnis ia lakukan ketika masih duduk di bangku kuliah pada 2014. Kala itu, Acha mendapatkan tugas praktik secara berkelompok untuk mendirikan sebuah usaha.

Dia bersama dengan 18 teman lainnya sepakat untuk mendirikan bisnis dengan produk jualan sandal jepit dengan merek dagang Locapoca. Produknya mereka jual melalui media internet.

“Kita menolak untuk mendirikan toko, karena waktu itu kita sedang fokus kuliah, enggak punya waktu untuk jaga toko. Jadi selain online kita memanfaatkan toko-toko kecil seperti distro-distro di daerah-daerah,” tuturnya kepada Okezone.

Dengan modal Rp40 juta hasil dari patungan, Acha bersama dengan teman-temannya memproduksi 1.600 pasang sandal jepit. Sandalnya itu dia jual tak hanya melalui online tapi juga dengan mengikuti bazar.

Di bazar pertama, mereka berhasil menjual 500 pasang sandal hanya dalam 3 hari. Hal itu membuat mereka bergairah untuk serius mengembangkan bisnis yang berawal dari tugas kuliah itu.

Acha kebetulan mendapatkan posisi di bagian marketing untuk mengurusi webstore dan media sosial. Dia juga bertugas untuk mencari toko-toko yang mau menjual sandal Locapoca dengan sistem konsinyasi. Di mana saat ini ada sekira 16 toko yang tersebar di kota-kota besar seperti Jakarta, Depok, Malang, Surabaya, dan Pekanbaru.

Menurut Acha, dua strategi penjualan itu sudah cukup ampuh untuk mengembangkan sayap Locapoca. Terbukti hanya dalam beberapa bulan, 1.600 pasang sandal koleksi perdana ludes terjual.

Menurutnya, Locapoca cukup beruntung, sebab berdiri ketika media sosial sedang booming di kalangan anak muda. Sehingga memanfaatkan internet merupakan strategi yang paling ampuh untuk berjualan.

“Waktu itu kita banyak bekerja sama dengan media sosial influencer juga seperti blogger, selebriti intagramer, kita memanfaatkan booming-nya mereka untuk endorse. Dulu kita juga sempat bekerja sama juga dengan Dagelan. Dulu kita manfaatkan apa yang lagi nge-hits,” ucap Acha.

Keikutsertaannya dalam ajang kompetisi Miss Indonesia hingga Miss World membuat dirinya harus vakum sejenak dari bisnis Locapoca. Kendati demikian, statusnya masih sebagai pendiri bisnis tersebut.

Karena itu, Acha tidak bisa mengungkapkan berapa omzet yang bisa diraih oleh Locapoca saat ini. Namun dirinya memastikan dari satu sandal Locapoca seharga Rp89 ribu, margin profit yang diraup mencapai hampir Rp45 ribu. (dng/rhs/okezone.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here