Home Nasional Yuk, Belajar Sejarah Sambil Bermain di Taman Sejarah Bandung

Yuk, Belajar Sejarah Sambil Bermain di Taman Sejarah Bandung

22
0
SHARE

BHARATANEWS.ID I Bandung – Ruang publik di Kompleks Pemerintahan Kota (Pemkot) Bandung semakin luas. Di belakang Balai Kota Bandung kini terdapat taman baru yang disebut Taman Sejarah.

                                                       Warga mengisi libur akhir pekan di Taman Sejarah Bandung. Foto: Avitia Nurmatari/detikcom

Meski belum diresmikan, Taman Sejarah sudah ramai dikunjungi masyarakat. Taman ini disebut Taman Sejarah karena dilengkapi informasi tentang pemimpin-pemimpin Kota Bandung dari masa ke masa.

Pada stiker media kaca ini terdapat gambar dan sejarah wali kota dari masa ke masa. Foto: Avitia Nurmatari/detikcom

Terdapat stiker media kaca, relief, mural yang masing-masing menceritakan hal yang berbeda. Dalam stiker media kaca terdapat gambar dan sejarah wali kota dari masa ke masa. Ada sekitar 16 wali kota yang terpampang di sana.

Ada sekitar 16 wali kota yang terpampang di sana. Foto: Avitia Nurmatari/detikcom

Sementara untuk relief, khusus menceritakan sejarah Bandung era Wiranatakusumah. Bandung masa lalu hingga masa kini secara umum terceritakan di tembok dengan grafis modern. Mulai dari Kota Bandung era saat ini, Kota Bandung pra Sejarah, Tangkubanparahu dan masa setelah kemerdekaan.

Ada juga relief yang khusus menceritakan sejarah Bandung era Wiranatakusumah Foto: Avitia Nurmatari/detikcom

“Jadi orang Bandung ini lupa sama sejarahnya, bahwa ada Bupati Bandung dulu menjadi pendiri Bandung yang dilupakan karena tidak masuk pada buku sejarah dan lain-lain,” ujar Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, Sabtu (28/1/2017).

Maka itu, Pemkot Bandung mendedikasikan satu area untuk dibuat khusus yang dulunya adalah bekas area parkir Gedung DPRD Kota Bandung menjadi wisata sejarah.

Warga bisa wisata sejarah sambil bermain di taman seluas 2,600 meter persegi ini, Foto: Avitia Nurmatari/detikcom

“Kalau wisata sejarah terlalu didoktrin seperti di kelas-kelas kan membosankan, maka di sini belajar sejarahnya sambil bermain,” ucap pria yang karib disapa Emil tersebut.

Selain itu, lanjut Emil, tujuan dibangunnya Taman Sejarah agar warga Bandung bisa berbahagia sambil belajar. “Minimal bisa memahami sejarah dari zaman Belanda sampai sekarang sudah cukup. Pulang dari taman itu bukan hanya mendapat hati gembira, tapi mendapat oleh-oleh. Nah di sini oleh-olehnya mendapat sejarah,” tandasnya.

Taman ini cukup luas, yakni seluas 2,600 meter persegi. Terdapat kursi-kursi kayu dan amphiteater untuk tempat duduk pengunjung. Di Taman Sejarah juga terdapat kolam dangkal yang bisa dipakai bermain air oleh anak-anak.

(avi/aan/news.detik.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here