Warga Tionghoa Bogor Padati Vihara untuk Sembahyang Jelang Imlek

88
0
SHARE

BHARATANEWS.ID I BOGOR – Warga keturunan Tionghoa, Bogor, Jawa Barat memadati Vihara menjelang Tahun Baru Imlek 2568, untuk melaksanakan sembahyang menyabut tahun baru.

“Menyambut tahun baru Imlek, umat melaksanakan sembahyang tahun baru, dan membakar lilin sebagai pelita yang berasal dari sumbangan umat,” kata Arifin Himawan, tokoh masyarakat Tionghoa, kepada Antara, di Bogor, Jumat (27/1).

Menjelang pergantian tahun baru Imlek, warga tampak memadati Vihara Dhanagun yang terletak di Kota Bogor, dan Vihara Hok Tek Bio di Ciampea, Kabupaten Bogor.

Vihara Dhanagun menyambut tahun baru Imlek dibuka selama 24 jam, untuk melayani umat yang datang untuk melaksanakan sembahyang tahun baru.

Menurut Arifin, Sembahyang tahun baru ini biasanya dimulai dari sore hari hingga tengah malam nanti.

“Sembahyang ditujukan sebagai rasa syukur telah dapat melalui tahun ini, dan menyambut tahun baru semoga selalu dilindungi dan diterangi, serta diberikan rezeki yang berlimpah oleh Tuhan,” katanya.

Ia mengatakan, di tahun baru ini, masyarakah Tionghoa mengharapkan, setiap orang mampu menjalani hidup dengan kualitas yang lebih baik dari tahun sebelumnya, kemakmuran dan kesehatan, serta kerukunan tetap terjaga.

“Dan harapan kita di tahun baru ini Indonesia lebih jaya, makmur di Tahun Ayam Api,” katanya.

Menjelang tahun baru Imlek, Vihara Dhanagun tampak ramai didatangi umat yang berasal dari berbagai wilayah di Kota Bogor maupun luar Bogor.

Suasana sakral terasa, ketika umat khusuk beribadah, menyalakan hio, dan memanjatkan doa-doa dihadapan patung para dewa.

Sejumlah lilin berukuran besar milik umat mulai dinyalakan. Makna lilin berwarna merah, sebagai pelita dalam menyambut tahun Ayam Api.

Suasana serupa juga terlihat di Vihara Hok Tek Bio di Ciampea. Umat silih berganti berdatangan. Antrian kendaraan memanjang di sepanjang Pasar Vihara.

Petugas kepolisian setempat juga tampak berjaga-jaga di Vihara. Memastikan warga Tionghoa dapat beribadah menyambut Tahun Baru Imlek dengan rasa aman dan nyaman. (ant/tat/skalanews.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here