Mencoba Suzuki GSX-R150 di lintasan balap

996
0
SHARE

BHARATANEWS.ID I BOGOR – Sirkuit Sentul mendadak ramai pada Kamis (26/1/2017). Trek balap di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, itu dipadati para jurnalis dan narablog yang berkesempatan menjajal motor anyar Suzuki GSX-R150.

Pihak PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sengaja mengundang para media dan narablog untuk membuktikan kedahsyatan mesin GSX-R150 yang diklaim paling powerful di kelasnya.

Seiji Itayama, Managing Director 2W SIS, mengatakan bahwa uji jalan (test drive) bukan sekadar membuktikan keandalan motor sport fairing anyar ini. SIS berharap uji jalan menghasilkan masukan pula.

Jadwal uji sedikit terlambat karena Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menggelar acara serupa tiga hari terdahulu, Senin (23/1). Namun uji jalan itu melibatkan pebalap MotoGP terbaru mereka, Maverick Vinales, yang menjajal motor sport baruAll New YZF-R15.

SIS tidak mendatangkan pebalap jagoan MotoGP mereka pada sesi test ride kali ini, melainkan membawa para pebalap binaan yang akan berlaga di ajang Suzuki Asia Challenge (SAC) 2017. Jenama Jepang ini berjanji akan mendatangkan pebalap andal mereka saat peluncuran resmi GSX series nanti.

Pembalap muda binaan Suzuki memacu sepeda motor Suzuki GSX-R150 saat sesi “test ride” di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, Kamis (26/1/2017).

Mencapai kecepatan tinggi dengan mudah

Pada sesi test ride kali ini, SIS menyediakan 15 unit motor yang pernah diperkenalkan di ajang Indonesia Motorcycle Show (IMoS) 2016. Setiap orang mendapat kesempatan mencoba dengan total 12 putaran (lap).

Data teknis memaparkan bahwa motor berbobot mati 126 kg ini mampu bergolak pada putaran mesin 11.000 rpm dengan tenaga setara 19,1 daya kuda (dk). Dengan karakter overbore tersebut, tentu saja tarikan bawah tidak akan sama galak dengan tarikan atas.

Motor yang akan diuji hadir dalam kondisi siap tempur di lintasan balap. Artinya, motor dibekali jenis ban slick (tanpa alur), tidak ada standar samping, dan spakbor belakang, serta melepas spion agar fitur aerodinamika makin baik.

Beritagar.id ikut serta dalam uji jalan ini. Saat menduduki jok GSX-R150, aura balap langsung terasa. Dengan body yang ramping, posisi tangan langsung menganjur ke depan karena komposisi setang menganut model underyoke.

Setang model underyoke yang lazim diterapkan pada motor gede (moge) sport itu memang memaksa badan pengendara membungkuk bak pebalap. Tidak heran ada rasa badan menyatu dengan motor.

Namun dengan model setang seperti ini, kami agak pesimistis bahwa motor ini akan nyaman untuk komuter harian. Apalagi jika motor digunakan berboncengan.

Kami menduga pengendara bakal mengeluarkan tenaga ekstra untuk menahan bobot gravitasi motor ketika mengerem.

Selain faktor ergonomi dan fitur yang menjadi perbincangan para penguji, garasi paddockramai pula dengan perbincangan kemudahan GSX-R150 untuk mencapai kecepatan tinggi.

Narablog Taufik Hidayat, pengampu laman TMCblog, mengatakan bahwa motor cukup mudah mendapatkan kecepatan lebih dari 130 kpj. Bahkan narablog asal Bogor itu berhasil mengabadikan rangkaian kecepatan yang dicapai usai membabat tikungan 11.

Dengan tarikan gas penuh di lintasan sepanjang 900 meter, motor melaju dari 139 kpj hingga 143 kpj. Sementara test rider dari Otomotifnet.com, Antonius Yuliyanto, mampu membukukan kecepatan puncak hingga 148 kpj.

Bahkan Aan, sapaan akrabnya, mengatakan bahwa kecepatan masih bisa lebih tinggi apabila lintasan lurus lebih panjang.

Optimistis pada sektor penjualan

Meski berada di antara para pesaing kuat seperti Honda CBR150R dan Yamaha New R15, pihak SIS cukup percaya diri pada penjualan GSX-R150.

“Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Kami punya kelebihan pada performance dan yang pasti harganya sangat kompetitif,” kata Yohan Yahya, Head Marketing & Sales 2W SIS.

Ungkapan Yohan boleh jadi tak berlebihan. Harga GSX-R150 lebih murah dibanding para rival sekelas.

SIS menjual GSX-R150 selama masa promosi (3 bulan) dengan harga Rp27,9 juta. Sementara AHM melego Honda CBR150R sekitar Rp32 juta dan YIMM melepas Yamaha New R15 di atas Rp31 juta.

Tak hanya itu, GSX-R15 menawarkan ragam fitur paling mutakhir. Misalnya fitur pengaman unggulan yang menggunakan teknologi tanpa kunci (keyless).

Bahkan seorang narablog menilai bahwa fitur ini setara dengan teknologi pada berbagai motor dengan harga selangit. Antara lain Ducati Multistrada, Ducati Diavel, dan BMW R1200GS.

Dan yang terpenting, fitur ini sedikit banyak akan membuat maling gigit jari bila ingin mencuri motor yang akan hadir dalam ajang SAC 2017 itu.(beritagar.id)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here