Kelola Sampah, Depok Kerjasama dengan Kota Osaki Jepang

67
0
SHARE

BHARATANEWS.ID I DEPOK – Sampah yang selama ini dibuang di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung hingga bertumpuk dan menyebar bau busuk sebetulnya dapat diolah menjadi barang yang dapat dimanfaatkan. Untuk menanggani masalah itu Kota Depok harus mencontoh penangganan sampah buangan di Kota Osaki, Jepang.

“Sampah buangan menjadi barang yang dapat dimanfaatkan dan dipakai tentunya telah dibuktikan oleh Kota Osaki, Jepang selama sembilan tahun belakangan ini yang tentunya dapat dicontoh Kota Depok nantinya,” kata Walikota Osaki Jepang, Yasuhiro Higashi saat bertemu Walikota Depok Muhammad Idris di Balaikota Depok, Jumat (27/1).

Menurut dia, Kota Depok optimis dapat melakukan hal yang sama seperti Kota Osaki, Jepang tentunya dengan memberikan pengetahuan dan ilmu kepada sumber daya manusia (SDM) yang ada khususnya dalam penanganan pengelolahan sampah menjadi barang yang bermaaat dan terpakai kembali.

Bila memang terlaksana kerjasama antara Kota Depok dan Kota Osaki, tambah dia, tentunya proyek penangganan sampah menjadi daur ulang yang bermanfaat membuat Kota Depok dapat menjadi percontohan kota dan kabupaten lain di Indonesia dalam penangganan sampah buangan tersebut.

MINTA TIM OSAKI MENGKAJI

Walikota Depok, Muhammad Idris, mengaku siap untuk menjalin kerjasama dengan Kota Osaki, Jepang dalam upaya mewujudkan penangganan dan pengelolaan sampah buangan secara modern .

Terlebih dalam kerjasama tersebut, Kota Osaki tak hanya memberikan pengalaman dan pengetahuan dalam pengelolaan limbah sampah saja tapi juga ikut melakukan sosialisasi, pendampingan dan pelatihan terhadap SDM termasuk alat pun akan diabntu yang difasilitasi oleh JICA. (anton/poskotanews.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here