Home Wilayah Bogor Rizieq Syihab Dilaporkan ke Bareskrim Terkait Kasus Tanah

Rizieq Syihab Dilaporkan ke Bareskrim Terkait Kasus Tanah

24
0
SHARE

BHARATANEWS.ID I BOGOR – Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Syihab kembali dilaporkan ke Bareskrim Polri. Rizieq dilaporkan terkait dugaan penguasaan tanah yang tidak sah.

“19 Januari 2017 yang lalu, seorang pelapor atas nama E melaporkan saudara RS atas penguasaan tanah yang tidak sah seluas 8,4 hektare di wilayah Megamendung, Cisarua, Bogor,” ujar Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Martinus Sitompul di PTIK, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (27/1/2017).

Laporan tersebut langsung ditindaklanjuti polisi untuk memastikan ada tidaknya unsur pidana dengan membentuk tim penyelidikan. Jika tidak ditemukan unsur pidana, pelaporan ini tidak akan dilanjutkan.

“Namun jika kita bisa mendapatkan bukti permulaan yang cukup dan keterangan saksi melengkapi dan dokumen mendukung maka dilanjut ke proses penyidikan,” terangnya.

Menurut Martinus, polisi sudah meminta keterangan 3 orang dari pihak pelapor. Namun belum ada jadwal untuk pemanggilans pihak terlapor.

“Sejak 19 Januari sudah ada 3 orang yang dipanggil untuk melakukan klarifikasi, dalam melakukan pengambilan dokumen. Dari pelapor dulu untuk proses klarifikasi, mendapat data-data, dokumen,” ujarnya.
Soal pelaporan kasus tanah, pihak FPI sebelumnya menegaskan legalitas kepemilikan tanah. Juru bicara DPP FPI Slamet Maarif menjelaskan tanah negara di Megamendung sudah tercatat di badan hukum.

“Silakan saja diselidiki. Yang jelas pesantren yang beliau dirikan di Megamendung itu semua surat hukumnya sudah ada. Legalnya sudah ada. Semua sudah terpenuhi secara hukum” kata Slamet kepada detikcom, Rabu (25/1).

(fdn/rvk/news.detik.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here