Home Wilayah Bogor Ngeri, Angkutan Truk Ini Terlalu Tinggi, Nyangkut…

Ngeri, Angkutan Truk Ini Terlalu Tinggi, Nyangkut…

30
0
SHARE

BHARATANEWS.ID I BOGOR – Meski pemerintah telah mengatur daya angkut maksimal mobil dump truk, namun masih banyak ditemukan mobil truk yang berjalan dengan muatan yang melebihi aturan jumlah berat yang diizinkan.

Salah satunya terlihat di Jalan Lodaya Tanah Baru, Bogor Jawa Barat. truk yang mengangkut muatan cukup tinggi terpaksa berhenti di tengah jalan lantaran terhalang spanduk yang melintang di bagian atas.

Kondisi itu sempat membuat arus lalu lintas tersendat. Pengguna jalan lain pun was-was melihat muatan truk yang diperkirakan lebih dari dua meter.

“Sangat berbahaya. Muatannya tinggi banget, mengerikan. Harusnya ditilang tuh sama polisi,” ujar pengguna jalan, Dedi Wahyudi (35).

Mobil truk mengangkut barang melebihi daya angkutnya, tidak hanya merusak jalan yang dilaluinya, tetapi juga mempunyai resiko terjadinya kecelakaan dan merugikan para pengguna jalan yang lain.

Daya angkut maksimal mobil truk sebenarnya sudah diatur dalam Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang dipertegas melalui Peraturan Pemerintah Nomor 44 Tahun 1993.

Pasal 307 disebutkan, setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor angkutan umum barang yang tidak mematuhi ketentuan mengenai tata cara pemuatan, daya angkut, dimensi kendaraan, dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp 500.000 (lima ratus ribu rupiah).

(one/pojoksatu.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here