Home Wilayah Depok Bantu Atasi Banjir, Situ Pedongkelan Kota Depok Dapat Hibah Rp15 Miliar

Bantu Atasi Banjir, Situ Pedongkelan Kota Depok Dapat Hibah Rp15 Miliar

24
0
SHARE

BHARATANEWS.ID I DEPOK – Pemprov DKI Jakarta tengah serius dalam mengatasi permasalahan banjir di ibu kota. Selain berkonsentrasi di wilayahnya, Pemprov DKI melirik sejumlah pemerintahan penyangga guna membantu masalah banjir.

Salah satunya Pemkot Depok. Pemprov DKI berencana akan memberikan dana hibah guna normalisasi Situ Pedongkelan di wilayah Kecamatan Cimanggis, yang menjadi perbatasan wilayah DKI dengan Depok.

“Pemerintah DKI Jakarta akan memberikan dana hibah sebesar Rp15 miliar guna normalisasi Situ Pedongkelan,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Manto, kepada Radar Depok,Rabu (25/01/2017).

Manto menjelaskan, dengan melakukan normalisasi, Pemprov DKI akan menerima langsung manfaat pembenahan dan penurapan situ.

Elevansi tanah DKI Jakarta setinggi 50 meter di atas permukaan laut, sedangkan Depok berada di 50 hingga 150 meter. Secara tidak langsung air di Kota Depok akan mengalir ke wilayah Jakarta, begitu pun saat hujan turun.

Dengan dinormalisasi, sambung Manto, Situ Pedongkelan dapat menahan air dari wilayah Depok menuju Jakarta saat musim hujan, dan pada musim panas menjadi tabungan air bagi wilayah Jakarta.

“Kami sudah menyiapkan DED-nya, kemungkinan pada semester kedua dana hibah dapat diberikan. Sehingga pada akhir 2017 telah selesai (dinormalisasi),” ucap Manto.

Salah seorang pemancing di Situ Pedongkelan, Nasrudin, menuturkan, kondisi Situ Pedongkelan cukup memprihatinkan. Selain banyak ditemui sampah, permukaan situ telah mengalami pedangkalan.

Sampah tersebut berasal dari Kali Laya yang terbawa masuk ke dalam situ. Dia menduga sampah tersebut berasal dari masyarakat yang tinggal di sekitaran Kali Laya.

“Sebaiknya Pemkot Depok dengan Pemprov DKI Jakarta bekerja sama membenahi situ. Sehingga situ ini tidak semakin dangkal dan dapat menampung air guna mencegah terjadinya banjir yang melanda Jakarta,” kata Nasrudin.

(radar depok/dic/pojoksatu.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here