Februari Trayek Angkot Kota Bogor Segera Ditata

72
0
SHARE

BHARATANEWS.ID I BOGOR – Pemerintah Kota (pemkot) Bogor tetap akan memulai penataan trayek (rerouting) angkutan kota mulai bulan depan meskipun sarana dan prasarana pendukung belum seluruhnya siap.

Wali Kota Bogor Bima Arya menginstruksikan agar program rerouting segera disosialisasikan. Dalam paparan rapat koordinasi rerouting dan penataan ulang jaringan trayek di Balai Kota Bogor, Selasa (24/1) Wali kota menuturkan, saat ini konsep rerouting angkot sudah pasti dan sudah memiliki payung hukum berupa perwali.

Bima juga mengatakan, kendala utama yang masih dihadapi pemkot adalah jumlah bus yang merupakan konservasi angkot sampai saat ini belum mencukupi. Pasalnya, tak ada bantuan bus dari pemerintah pusat ataupun provinsi.

Dari jumlah angkot 3.412 armada angkot dibutuhkan 80 bus yang harus dioperasikan di kota Bogor. Namun, saat ini baru ada 10 bus dengan kesiapan tiga badan usaha milik pengusaha angkot dan baru bisa mereduksi 1.590 armada. Mekanisme konversi yang disebut Bima yakni 2-3 angkot ditukar menjadi 1 bus ukuran sedang.

“Per Februari nanti, kita sudah bisa mulai rerouting untuk pertama kali dilakukan di trayek tengah kota,” katanya.

Bima sendiri menargetkan rerouting akan berlaku efektif pada Juni nanti. Konsekuensinya, angkot yang tidak mau ikut konversi atau berbadan hukum harus menjadi angkot pengumpan (feeder) dan tidak masuk ke tengah kota.

Kepala Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (DLLAJ) Kota Bogor Rakhmawati menambahkan, selain masalah jumlah bus yang masih kurang, subsidi sebagai kompensasi angkot yang mau berbedah belum masuk dalam APBD Kota Bogor.

“Diharapkan bisa masuk dalam APBD Perubahan nanti,” kata Rakhmawati. Selain itu, jaringan jalan pendukung, salah satunya jalur lingkar dari Warungjambu ke Tajur (R3) masih belum siap. Hal lainnya adalah adanya kemungkinan penumpukan angkot di jalur yang berada di luar jalur pusat kota, seperti Tajur.(beritasatu.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here