Polda Metro Musnahkan Barbuk Narkoba Senilai Rp 26 M

93
SHARE

BHARATANEWS.ID IJAKARTA – Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya, memusnahkan sejumlah barang bukti narkoba antara lain satu ton ganja, tujuh kilogram sabu-sabu, 10.957 butir ekstasi, dan 3,8 kilogram serbuk bahan ekstasi, di kawasan Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

“Pemusnahan dilakukan dengan cara dibakar menggunakan alat insinerator yang bersuhu sangat tinggi, sehingga barang bukti itu benar-benar habis terbakar,” ujar Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Nico Afinta, Kamis (22/12).

Dikatakannya, pemusnahan barang bukti dalam rangka menumbuhkan kepercayaan masyarakat kepada Polri. “Tidak ada penyimpangan dan menghindari terjadinya penyalahgunaan barang bukti yang disita,” ungkapnya.

Menurutnya, barang bukti itu apabila dikonversi menjadi rupiah senilai Rp 26.098.100.000, dan dapat menyelamatkan 5.065.327 jiwa.

“Setelah barang bukti disisihkan untuk pemeriksaan laboratorium dan sidang peradilan, maka sisanya dimusnahkan hari ini. Yaitu, ganja satu ton, sabu-sabu tujuh kilogram, ekstasi 10.957 butir, dan serbuk bahan ekstasi 3,8 kilogram,” katanya.

Polisi menyita barang haram itu dari 19 tersangka yang terdiri dari 18 warga negara Indonesia dan satu warga negara asing. Mereka merupakan bandar dan kurir narkoba.

Para tersangka, dijerat pasal 111 ayat 2 dan Pasal 112 ayat 2 dengan ancaman hukuman paling rendah lima tahun, seumur hidup atau mati.(beritasatu.com)