Banyak Pemimpin Perempuan Alasan Jokowi Rayakan Hari Ibu di Banten

66
0
SHARE

BHARATANEWS.ID ITANGERANG – Presiden Joko Widodo mengapresiasi kepala daerah, baik bupati maupun wali kota di Provinsi Banten yang dijabat kaum perempuan.

Kenyataan itu menjadi pertimbangan Jokowi merayakan Hari Ibu Nasional ke-88 di Banten. “Ada delapan wilayah di Banten dan empat wilayahnya, yaitu bupati dan wali kotanya adalah perempuan. Hari Ibu di sini tidak keliru,” ujar Jokowi dalam sambutannya pada perayaan Hari Ibu Tingkat Nasional di Kota Serang, Kamis (22/12/2016).

Mantan Wali Kota Solo dan Gubernur DKI jakarta itu menyembutkan ke empat kepala daerah tersebut, yaitu Bupati Lebak Iti Oktavia Jayabaya, Bupati Pandeglang Irna Narulita, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah dan Walikota Tangerang Selatan Airin Rahmi Diany.

Jokowi juga menyebutkan ada 77 kepala daerah perempuan di Indonesia. Menurut dia, kenyataan itu menunjukan peran perempuan tidak bisa dihilangkan. Bahkan di Kabinet Kerja, kata Jokowi, ada sembilan menteri perempuan yang dipercaya untuk membantunya.

“Indonesia juga memiliki menteri perempuan sembilan orang. Jumlah ini terbanyak dibanding negara lain. Uni Emirat Arab saja hanya delapan (menteri perempuan),” ucapnya.

Jokowi juga menyampaikan tiga alasan dirinya untuk mengangkat dan melibatkan menteri perempuan dalam kabinet kerjanya, yakni perempuan dikenal ulet dan teliti dalam melihat masalah, dan perempuan lebih tahan uji dibanding laki-laki.

“Jangan dipikir laki-laki lebih tahan uji, dan perempuan tidak pernah mengeluh. Itu yang saya alami di kabinet saya,” kata Jokowi.

(dam/sindonews.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here