Anda Ingin Hamil? Hindari Makan Makanan ini

2788
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | KESEHATAN – PADA umumnya, kehamilan merupakan masa-masa yang dinanti-nantikan setiap pasangan suami istri, terutama bagi mereka yang baru saja menikah.

Kehadiran buah hati di tengah-tengah keluarga tentu akan menjadi suatu hal yang sangat membahagiakan.

Mungkin karena itulah mengapa banyak pasangan suami istri yang merasa was-was setelah sekian lama menikah, tetapi belum juga dikaruniai buah hati.

Sebenarnya banyak faktor yang bisa memengaruhi sulitnya pasangan suami istri untuk mendapatkan keturunan.

Seperti karena suatu penyakit, gangguan reproduksi, gangguan hormonal, hingga kurangnya pengetahuan dasar yang dimiliki pasangan suami istri tentang proses kehamilan.

Namun, banyak pakar kesehatan yang mengatakan bahwa asupan nutrisi yang dikonsumsi oleh seorang calon ibu menjadi salah satu faktor penting baginya untuk bisa segera hamil.

Penelitian baru dari University of Illinois telah menemukan bahwa mengonsumsi adas manis (sejenis tumbuhan berbunga) memiliki potensi membuat wanita tidak subur.

Selama penelitian, mereka menguji jaringan reproduksi tikus dan memberikan isoliquiritigenin (senyawa yang ditemukan dalam licorice yang umumnya dikenal sebagai iso).

Apa yang mereka temukan adalah penurunan 50 persen dalam ekspresi gen untuk aromatase, enzim yang mengubah testosteron menjadi estrogen.

Penurunan ini pada akhirnya bisa berdampak pada kemungkinan seorang wanita bisa hamil atau tidak.

“Ketika perempuan memiliki tingkat hormon yang lebih rendah, mereka mungkin menemukan bahwa mereka memiliki masalah dengan reproduksi,” kata salah satu co-lead penelitian, Jodi Flaws, seperti dilansir laman MSN, Selasa (20/12).

Paparan tingkat tinggi senyawa yang para peneliti sebut iso menurunkan ekspresi gen kunci yang terlibat dalam produksi hormon.

Secara khusus, ekspresi gen untuk aromatase, enzim yang mengubah testosteron menjadi estrogen turun hingga 50 persen atau lebih.

Berikut tiga kelompok makanan yang bisa Anda makan ketika sedang hamil.

1. Daging merah, sayuran hijau dan kacang-kacangan untuk meningkatkan zat besi.

2. Buah jeruk, berry dan pisang untuk folat.

3. Ikan, kacang-kacangan dan sereal untuk seng.(fny/chi/jpnn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here