Agus Minta RS Daerah Perbaiki Manajemen

78
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | KESEHATAN – Jasa pelayanan kesehatan di Sulawesi Selatan semakin kompetitif. Kehadiran rumah sakit swasta bertaraf nasional dan internasional bahkan ada di setiap daerah. Mereka berlomba-lomba memberikan kualitas pelayanan yang maksimal, sementara pelayanan rumah sakit daerah kerap kali dikeluhkan masyarakat.

Untuk itu, Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu’mang meminta  rumah sakit daerah berbenah diri, memperbaiki manajemen dan menyesuaikan kondisinya dengan situasi sekarang.

Ia menginginkan, rumah sakit daerah harus mampu bersaing dengan rumah sakit lainnya. Selain itu, Agus juga meminta  pihak manajemen melakukan pembenahan diri, memperbaiki pengelolaan serta sarana dan prasarananya sehingga mampu mendongkrak nilai pendapatan daerah.

“Dinas kesehatan perlu memikirkan,membangun rumah sakit yang representatif sehingga mampu bersaing dengan berbagai rumah sakit. Selain itu juga harus dipikirkan agar rumah sakit dapat meningkatkan pendapatan daerah kita,” kata Agus, dalam Workshop Peningkatan Kualitas Pengelolaan Keuangan BLUD RSUD di Kantor Perwakilan BPKP Sulawesi Selatan Makassar, Selasa (20/12).

Selain manajemen yang dibenahi, orang nomor dua di Sulsel ini menginginkan ada peningkatan kualitas pada Sumber Daya Manusia (SDM), yaitu peningkatan kualitas para dokter, perawat, tata usaha, keamanan hingga cleaning cervice.

“Kalau ini dapat diperbaiki, tentu rumah sakit daerah bisa bersaing dengan RS swasta lainnya,” ungkap Agus.

Selain itu, Agus AN menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada pimpinan BPKP Sulawesi Selatan yang telah berinisiatif melaksanakan  suatu kegiatan untuk meningkatkan kualitas sistem pengelolaan bagi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Sulawesi Selatan.

Kepala Perwakilan BPKP Sulawesi Selatan Didik K mengungkapkan, workshop ini dilakukan bertujuan agar Badan Layanan Umum Daerah dan RSUD bisa menambah akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan keuangan dan manajemen pada rumah sakit daerah.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Rumah Sakit Daerah (Arsada) Sulawesi Selatan dr Leo P, menyatakan apa yang menjadi catatan oleh Wagub Sulsel akan diperhatikan dalam melakukan pembenahan terhadap manajemen rumah sakit. Kami akan memperbaiki hal ini,” terangnya.(*)(inipasti.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here