Pelihara Binatang, Pupuk Tanggung Jawab

78
SHARE

BHARATANEWS.ID¬†| KESEHATAN –¬†Memelihara binatang tentunya ada tanggubg jawab yang menyertai. Memberi makan dan vaksin, serta perawatan seperti mandi harus¬†dilakukan. Banyak orang beranggapan hal ini hal yang merepotkan.

Padahal hasil riset menyatakan ada banyak manfaat yang didapat saat kita memelihara binatang:

1. Mengurangi stres dan rasa jenuh

Melihat tingkah luci nan menhhaskan dinilai ampuh mengurangi stress. Memiliki hewan peliharaan juga bisa membuat suasana hati menjadi lebih baik dari sebelumnya dan juga memotivasi kita agar bisa mengatasi masalah yang sedang kita hadapi.

2. Melatih untuk lebih bertanggung jawab

Hewan peliharaan juga makhluk hidup yang butuh makan dan minum. Dengan memiliki hewan peliharaan kita dapat belajar bagaimana harus bertanggung jawab atas binatang peliharaan kita.

3. Membuat orang lebih rajin

Dengan memiliki rasa tanggung jawab atas hewan peliharaan, kita sekarang dituntut untuk rajin merawat hewan tersebut. Mulai dari memberi makan, memandikan hewan peliharaan, mengajak jalan-jalan, dan lain sebagainya. Dengan begitu kita akan terbiasa untuk beraktivitas dan tidak bermalas-malasan saja. Hal ini dapat menjadi suatu kebiasaan yang baik jika dilakukan secara terus menerus.

4. Menjadikan Anda pribadi yang lebih baik

Banyak hal yang didapatkan saat kita memelihara hewan peliharaan. Dengan memelihara hewan, kita dapat belajar untuk berempati lebih baik lagi dan cenderung tidak kasar. Secara tidak sadar kita juga punya sifat penyayang dan tidak mudah marah.

5. Mempererat hubugan kita dengan keluarga

Salah satu cara mempererat hubungan kita dengan keluarga kita adalah dengan memiliki hewan peliharaan. Usahakan binatang peliharaan tersebut adalah binatang yang disukai oleh semua anggota keluarga kita. Melakukan aktivitas secara bersama seperti memberi makan, memandikan hewan peliharaan, dan mengajaknya jalan-jalan bersama keluarga, dapat membuat hubungan kita dengan keluarga semakin dekat.

6. Membuat Anda betah di rumah

Adanya hewan peliharaan di rumah memang cukup membuat suasana rumah menjadi lebih baik. Selama kita memelihara hewan di rumah, kita akan selalu rindu pulang untuk bertemu dengan mereka. Melihat aksi lucu dari hewan tersebut membuat kita enggan untuk pergi ke mana-mana. Dengan adanya hal ini kita dapat mengurangi bepergian ke tempat-tempat yang kurang menguntungkan untuk kita. Lebih baik langsung pulang ke rumah dan bermain dengan mereka.

7. Memberi pengaruh yang positif untuk kesehatan

Manfaat kesehatan dari merawat hewan peliharaan cukup banyak diteliti dan diakui. Tidak hanya memberi keuntungan dalam segi psikologis tetapi juga memberi hal positif dari segi kesehatan. Banyak hasil penelitian yang mengatakan bahwa memelihara hewan peliharaan menjadikan tekanan darah dan denyut nadi normal. Rutin mengajak hewan peliharaan untuk jalan-jalan mampu membakar kalori kita sehingga dapat digunakan untuk terapi menurunkan berat badan.

8. Dapat menambah pendapatan kita (dari segi bisnis)

Siapa yang tidak mau menghasilkan uang dari hobi kita. Bukan hanya uang yang kita dapatkan tetapi kesenangan dan rasa puas juga. Memelihara hewan peliharaan juga dapat kita gunakan untuk menghasilkan uang. Banyak cara yang dapat kita lakukan seperti ikut dalam kontes hewan, penyewaan hewan untuk fotografi, dan juga beternak hewan peliharaan. Beternak hewan peliharaan merupakan cara yang efektif untuk menghasilkan uang yang cukup banyak, tidak sedikit pengusaha hewan peliharaan yang sukses karena bermula dari hobinya tersebut. Jadi cara ini patut untuk dicoba.(*)(timesindonesia.co.id)