Masyarakat Diimbau Tidak Terlibat Dalam Penyalahgunaan Narkoba

75
SHARE

BHARATANEWS.ID | KESEHATAN – Seluruh masyarakat Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) diimbau, untuk tidak terlibat dalam penyalahgunaan narkoba, karena sangat berbahaya dan dapat merusak kesehatan tubuh, serta beresiko tertular penyakit HIV AIDS.

Imbauan tersebut disampaikan Kepala Seksi (Kasi) Promosi Kesehatan (Promkes) Dinas Kesehatan (Diskes) Inhil, Siti Munziarni terkait dengan banyaknya penyebaran HIV AIDS yang disebabkan oleh penggunaan jarum suntik secara bergantian oleh para pemakai narkoba.

Dikatakan, saat kondisi sakau pemakai narkoba jarum suntik tidak mungkin bisa berpikir panjang dan jernih untuk hal apapun, termasuk mensterilkan atau mengganti jarum suntik, sehingga tiap orang yang pakai narkoba biasanya tidak sadar saat melakukan tindakan beresiko tertular HIV.

Ini juga didukung dengan sikap solidaritas sesama pemakai, dengan menggunakan jarum yang bergantian. Padahal, diantara mereka ada juga yang tahu kondisi temannya apakah terinfeksi HIV atau tidak.

Oleh karena itu, memakai narkoba tidak hanya dapat merusak tubuh dengan zat adiktif, tetapi juga sarana penyebaran beberapa virus, seperti HIV, hepatitis dan lain-lain.

“Orang yang tidak terinfeksi HIV, lalu memakai jarum suntik bersama dengan Orang Dengan HIV AIDS (ODHA), maka akan langsung tertular,” terangnya.

Selain itu, pemakaian narkoba tanpa jarum suntik pun dapat membuka pintu resiko terhadap penularan, apabila mendorong pemakai melakukan seks beresiko.

“Ini karena beberapa jenis narkoba menstimulasi dorongan seksual,” imbuhnya.(harianriau.co)