Ini Manfaat Makan Jamur Untuk Kesehatan

82
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | KESEHATAN – Mengonsumsi jamur ternyata bukan hanya untuk memuaskan lidah dan mengenyangkan perut karena ternyata banyak manfaat yang berguna dari jamur bagi kesehatan tubuh.

Jamur memiliki nama ilmiah “Agaricus” umum, namun untuk spesies yang berbeda namanya juga berbeda. Jamur pada dasarnya digolongkan kedalam keluarga saprophytes, organisme atau tanaman tanpa klorofil yang berkembang biak dengan mengekstraksi nutrisi dari tanaman yang mati dan telah membusuk.

Jamur konsumsi yang banyak kita kenal diantaanya, jamur merang, jamur kancing, jamur kuping, jamur kayu, jamur tiram putih.

Walaupun hanya ditumis secara sederhana, jamur tetap nikmat dilidah. Namun tak hanya itu saja kelebihan jamur, sebab ia juga kaya akan zat yang kita sebut sebagai nutrisi dan banyak manfaatnya bagi kesehatan.

Tak hanya disukai orang modern sebagai bahan makanan, jamur sudah menjadi bahan pangan populer sejak zaman kuno. Bahkan, raja-raja Mesir dan Yunani Kuno di abad sebelum Masehi dikenal sebagai penyuka jamur.
Orang Yunani Kuno percaya, makan jamur menyebabkan seseorang menjadi lebih kuat dan sehat. Hasilnya mereka lebih kuat, berani, dan perkasa.

Baca Juga:  Hindari 7 Hal Agar Produktivitas Tidak Terganggu

Berikut adalah manfaat mengonsumsi jamur secara rutin bagi kesehatan tubuh Anda:

Sumber Antioksidan
Jamur merupakan sumber antioksidan yang baik. Zat antioksidan seperti selenium bermanfaat untuk melindungi sel-sel tubuh dari gangguan kesehatan yang mampu menyebabkan penyakit kronis.

Mengandung Vitamin D
Jamur adalah salah satu dari beberapa sumber nabati vitamin D, nutrisi yang penting untuk kesehatan tulang, otot dan fungsi saraf, serta mendukung sistem kekebalan tubuh.

Meskipun akan sulit untuk memenuhi kebutuhan harian vitamin D hanya dengan jamur, mereka merupakan cara terbaik untuk meningkatkan asupan Anda.

Rasanya Lezat
Mereka yang tinggal di negara-negara Barat mengatakan, jamur rasanya umami. Umami kurang lebih berarti gurih. Rasa gurih jamur akan makin meningkat saat mereka dimasak.

Jamur sangat cocok dijadikan sayur dan dimakan bersama nasi, dijadikan campuran salad dan pengganti daging bagi Anda yang vegetarian.

Melawan Kanker
Jamur adalah makanan alami yang mampu melawan kanker. Mengonsumsi jamur secara teratur dapat menurunkan resiko terkena kanker payudara. Selain itu jamur shitake juga dikenal mampu menghambat pertumbuhan tumor.

Baca Juga:  Hindari 7 Hal Agar Produktivitas Tidak Terganggu

Sumber Kalium
Jamur kaya kalium, mineral yang membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko stroke. Satu jamur portabella ukuran sedang dinyatakan mengandung lebih banyak kalium dibandingkan sebuah pisang atau segelas jus jeruk.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh.
Jamur mengandung antioksidan, yang seperti Anda tahu, berguna untuk menangkal radikal bebas penyebab penuaan dini dan berbagai macam penyakit seperti penyakit jantung, kanker dan Alzheimer.

Jamur juga merupakan sumber selenium, yang penting untuk menjaga kesehatan sistem reproduksi, produksi DNA, fungsi kelenjar tiroid, dan sekali lagi melindungi Anda dari radikal bebas.

Sarat vitamin B.
Vitamin B seperti riboflavin, niasin dan asam folat merupakan kunci untuk proses tubuh yang tak terhitung jumlahnya.

Beberapa jenis jamur mengandung vitamin B yang lebih tinggi dibanding yang lainnya. Contoh: Jamur Portobello memiliki lebih banyak asam folat daripada jamur Italia dan krimini. Jamur hiitakes mengandung lebih banyak vitamin B6 dari varitas jamur lainnya.(kabarmakassar.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here