Awas, Tak Semua Sayuran Baik Dikonsumsi

72
SHARE

BHARATANEWS.ID | KESEHATAN –¬†Tubuh membutuhkan aneka ragam vitamin dan mineral. Untuk memenuhi kebutuhan tubuh perlu kita mengkonsumsi banyak makanan, baik sumber hewani maupun nabati.

Sumber makanan hewani jelas berasal dari hewan. Aneka jenis daging dan ikan dapat memenuhi kebutuhan tubuh.

Sedangkan makanan bersumber nabati meruoakan sumber makanan dari tumbuh-tumbuhan, seperti sayur mayur.

Sayangnya tidak semua sayur itu baik untuk kesehatan. Pada jenis tertentu sayur ini tak boleh dimakan secara berlebihan.

Karena kandungan yang ada dalam sayuran tersebut akan mempengaruhi kondisi tubuh yang tidak bisa menerima segala jenis kandungan yang ada dalam sayuran tersebut.

Para penderita Penyakit Ginjal Kronis (PGK) tidak disarankan untuk mengkonsumsi sayuran hijau. Karena sayuran hijau mengandung kalium tinggi yang menjaga keseimbangan garam/natrium dan cairan dalam tubuh. Penderita PGK tidak bisa mengatur kadar klaium dalam tubuh.

Penderita PGK mengkonsumsi sayuran hijau maka kalium akan menumpuk dalam tubuh secara berlebih.

Ada beberapa sayuran berbahaya bila tidak memasaknya dengan benar dan berpotensi membahayakan tubuh, seperti berikut:

  • Kale

Kale adalah sayuran jenis goitrogenetik, yang menyebabkan gondok dan mengandung oksalat. Namun tidak berdampak pada tubuh bila tidak memiliki malasah kelenjar tiroid dan ginjal.

  • Labu

Labu dikenal banyak kandungan pestisida yang bisa membahayakan tubuh kita. Labu juga sama dengan Kale yang membahayakan bagi penderita PGK.

  • Terong

Kandungan solanin dan oksalat yang ada dalam terong, membahayakan bagi penderita penyakit saraf. Jadi bagi penderita ganguan empedu dan ginjal untuk tidak mengkonsumsi.

  • Paprika

Penderita persendian seperti artitis rematoid dan osteoartritis, tidak dianjurkan dalam mengkonsumsi paprika karena banyak mengandung alkaloid dan solanin. Akan mengakibatkan tubuh berkedut, kejang dan gemetar.

  • Jagung

Jagung sering menjadi penelitian genetik yang sering dijadikan objek modifikasi, sehingga menjadi sebuah jenis gen baru. Maka dari itu berbahaya  kandungan zat baru dari gen tersebut yang membahayakan tubuh.

  • Bayam

Bayam selanjutnya yang tidak disarankan untuk mengkonsumsi sayuran ini, karena mengandung oksalat dan pestisida.

  • Timun

Timun dikhawatirkan mengandung 35% pestisida, dan mengandung zat kimia berupalilin sintetis tidak baik untuk tubuh kita.

  • Jengkol

Jengkol mengandung asam jengkolat yang menyebabkan anda keracunan, saat mengkonsumsi secara mentah. Tetapi juga rentan bagi seseorang rentan terhadap asam jengkolat.

Diatas merupakan daftar sayuran yang membahayakan kesehatan anda, maka pilihlah sayuran yang baik dan mengetahui kandungan yang ada dalam sayuran tersebut. Maka pilihan makanan yang baik bagi anda yang memiliki penyakit tertentu yang tidak bisa mengkonsumsi sembarang sayuran. (*)(timesindonesia.co.id)