Rumah Cemara Masuk Nominasi Program Citizen Giving Manchester City

81
SHARE

BHARATANEWS.ID I BANDUNG – Rumah Cemara adalah organisasi yang memimpikan Indonesia tanpa pandangan negative (stigma)  dan diskiriminasi dimana semua memiliki kesempatan yang sama untuk maju, memperoleh layanan HIV dan lanyan perawatan bagi yang kecanduan narkotika, alkohol, psikotropika dan zat adiktif lainnya (NAPZA) yang bermutu, serta dilindungi sesuia konstitusi.

Demikian dikatakan Koordinator Sport for Development Rijki Kurniawan saat konferensi pers di Jalan Sultan Tirtayana No. 49, Kota Bandung Jumat (14/12/2016).

Dikatakannya, Rumah Cemara memiliki salah satu Program Sport for Development. Salah satu program yang digagas Rumah Cemara itu, olahraga yang elah berjalan sejak 2009 lalu yang meliputi sepakbola, futsal, street soccer, tinju, tenis meja dan maraton.

“Program ini sudah mulai sejak 2009 dengan olahraga sebagi sarana edukasi. Rumah Cemara Bandung masuk nominasi Program Citizen Giving Manchester City dan . Kami kini sedang bersaing untuk mendapatkan dana hibah sebesar £ 400 ribu,” ungkapnya.

Ia menuturkan, untuk mendapakan dana hibah tersebut sedikitnya  ada lima negara yang masuk nominasi diantaranya  Melbourne (Australia), Manchester (Inggris), New York (Amerika Serikat),
Beijing (Cina) dan Mexico City (Meksiko).

Dipaparkan Rijki, besaran dana yang akan diperoleh ditentukan dengan jumlah pemungutan suara
(voting). Setiap negara yang masuk nominasi sedang berusaha  mengumpulkan voting sebanyak-banayaknya yang telah berjalan sejak 16 November 2016 dan akan berakhir pada 24 Desember 2016.

“Untuk kegiatan tersebut, kami menawarkan program bertajuk Football for Change (Sepakbola untuk perubahan). Targetnya, kita ingin jadi peringkat pertama,” katanya optimis.

Saat ini, lanjutnya, Rumah Cemara berada  di posisi kedua dengan jumlah pemilih 39 ribu orang. Posisi pertama diisi Meksiko  dengan 48 ribu pemilih.

Kata Rijki, semakin banyak pemilih, semakin besar dana hibah yang akan didapat. “Total dana hibah  itu akan dibagi ke organisasi tergantung dari hasil voting yang didapatkan setiap organisasi,” tutur Rijki.

Ia berharap dukungan publik terkait  program Rumah Cemara tersebut bisa dilakukan melalui jejaring  www.cityzensgiving.org/manchester.

“Dana yang didapat nantinya digunakan untuk memberdayakan anak jalanan di Kota Bandung terkait dengan penanggulangan HIV/AIDS dan ketergantungan narkotik, psikotropika, dan zat aditif (NAPZA). (Irgun/fajarnews.com)