Peringati hari AIDS, Kelompok Dukungan Sebaya Bagikan PIN dan Pita Merah

96
SHARE

BHARATANEWS.ID I BANDUNG – Kelompok Dukungan Sebaya (KDS) Kabupaten Bandung Barat memperingati Hari AIDS Sedunia dengan membagi-bagikan pin dan pita merah kepada masyarakat yang melintas di Jalan Raya Padalarang, Sabtu (17/12/2016).

Adiansyah (24) Koordinator KDS Rarangkul mengatakan selain membagi-bagikan pin dan pita merah kelompok peduli penderita HIV/AIDS positif ini juga mengampanyekan hentikan stigma terhadap ODHA (orang dengan HIV/AIDS) dan mengedukasi masyarakat tentang HIV/AIDS.

“Sejauh ini masyarakat masih mendiskriminasi ODHA mungkin karena ODHA identik dengan prilaku buruk. Kami berhatap masyarakat lebih aware terhadap HIV/AIDS bukan menjauhi orangnya tapi menjauhi virusnya,” tutur Adiansyah di Kantor Desa Kertajaya, Kecamatan Padalarang.

Acara ini diikuti oleh para relawan penjangkau komunitas, ODHA itu sendiri, OHIDA (orang yang hidup dengan penderita AIDS) atau caregiver, seperti pasangan suami istri, ibu rumah tangga, LSL (Laki seks laki), waria dan komunitas lainnya.

Dikatakan Adi acara ini juga diisi oleh seminar dan talkshow mengenai isu HIV/AIDS oleh Komisi Penanggulangan AIDS, Dinas Kesehatan KBB dan Puskesmas setempat.

“Kami berharap pemerintah juga ngeh terhadap keberadaan KDS dan mau bekerjasama bagaimana menangulangj HIV/AIDS ini,” ujarnya.

Menurut data Dinas Kesehatan KBB hingga 2016 ini terdapat 250 ODHA di KBB, jumlah tersebut masih sedikit jika dibandingkan dengan jumlah estimasi yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan Provinsi yakni ada sekitar 700 ODHA di KBB.

“Dan dari 250 ODHA baru 163 orang yang kami (KDS) dampingi. Masih banyak ODHA yang tidak mau didampingi dan terbuka dengan kami. Di antaranya Ibu rumah tangga 28 orang, Penasun (pengguna jarum suntik) 14 orang, HRM 19, WPS (Wanita penjaja seks) 6 orang, waria 5, anak 2, LSL (Laki seks laki/gay) 89 orang,” ujarnya.

Menurut pantauan Tribun, sejumlah relawan dari KDS tampak membagi-bagikan pin dan pita merah kepada pengendara dan pejalan kaki yang melintas di Jalan Raya Padalarang, KDS ini juga membagikan pin dan pita ke para pedagang dan polisi yang tengah bertugas. (aa/tribunnews.com)