Tertipu Uang Mainan `Upin-ipin`, Tiga Pelaku Ditangkap

106
0
SHARE

BHARATANEWS.ID I BOGOR – Uang mainan anak yang selama ini dijual bebas, dinilai berbahaya. Pasalnya, tiga orang pelaku berupaya menipu pengusaha dengan iming-iming memberi modal Rp250 juta, dan bisa dikembalikan sebanyak Rp1 miliar yang bergambar upin-ipin.

Ketiga pelaku yang ditangkap unit reskrim polsek Pasar Rebo diantaranya, Wawan, 51, Feri, 50, dan Danang, 51. Dari tangan ketiganya, petugas mengamankan uang pecahan Rp100 ribu bergambar upin-ipin sebanyak Rp1,2 miliar.

Kapolsek Pasar Rebo, Kompol Fatimah mengatakan, kasus penipuan serta penggelapan tersebut terjadi pada bulan Agustus 2016. Semua itu berawal dari pertemuan korban atas nama Hartono, 49, dengan pelaku Wawan, 51, di kawasan Cijantung, Pasar Rebo. “Dari pertemuan itu, si Wawan ini mengiming-imingi korban untuk melakukan investasi dengan memberikan modal,” katanya di Polsek Pasar Rebo, Jakarta Timur, Jumat (16/12/2016).

uang-upin-ipin-1

Uang yang diminta itu, kata kapolsek, sebesar Rp250 juta untuk modal awal. Nantinya, dari uang sebanyak itu, pelaku bisa mendapatkan keuntungan sebesar Rp1,2 miliar. “Korban yang merupakan pengusaha batubara ini tertarik dan langsung melakukan pertemuan dengan tersangka lainnya yaitu, Feri,” ujarnya.

Dari pertemuan yang terjadi pada 20 Oktober itu, kedua belah pihak akhirnya menyepakati kerjasama di bidang usaha investasi tersebut. Setelah itu, pelaku mengajak korban ke salah satu bank untuk verifikasi dana kesepakatan. “Saat di parkiran bank, pelaku meminjam handphone beserta KTP Hartono atas dasar alasan regristrasi,” tambah Kompol Fatimah.

Di saat meminjam HP korban, tersangka Feri tidak masuk ke dalam bank, melainkan melakukan sms kepada pemegang tas berisikan uang mainan yang dipegang Danang. Penukaran uang pun dilakukan pelaku yang mengganti uang asli, dengan uang mainan bergambar upin-ipin.

“Korban sendiri baru tersadar kalau uang yang diberikan palsu begitu para pelaku melarikan diri,” ungkap kapolsek.

Dari kejadian itu, korban pun melapor ke polsek Pasar Rebo atas kasus penipuan tersebut. Perlu waktu lama untuk meringkus ketiganya yang sudah melarikan diri berpindah-pindah.

“Kami meringkus Wawan di Bogor, dan Feri Bandung pada 7 Desember. Sedangkan Danang di tangkap di Kampung Rambutan, 8 Desember kemarin,” jelasnya.

Dari tangan pelaku, kata Fatimah, pihaknya mengamankan barang bukti berupa, dua unit Handphone, tujuh ikat uang mainan bergambar Upin- Ipin beserta tasnya, 1 mobil toyota merk Avanza F 1805 KR.

“Atas perbuatannya, ketiga tersangka dijerat dengan pasal 378 dan 372 KUHP tentang penipuan, dengan ancaman kurungan penjara paling lama lima tahun,” pungkasnya.

(ifand/sir/poskotanews.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here