Dirlantas Polda Jabar: Mulai Jam Lima Sore, Kendaraan Dilarang Naik ke Puncak

76
0
SHARE

BHARATANEWS.ID I BOGOR – Menyambut perayaan tahun baru, jalan menuju puncak akan ditutup. Hal ini guna mengantisipasi kemacetan panjang yang akan terjadi saat momen pergantian tahun tersebut.

Direktur Lalulintas (Dirlantas) Polda Jabar, Kombes Pol Tomex Kurniawan, mengatakan, penutupan jalan menuju puncak sepanjang 22 kilometer akan ditutup mulai pukul 17.00 WIB sampai pukul 01.00 WIB.

“Mungkin akan ditutup pada tahun baru. Mulai jam lima sore, kendaraan enggak boleh lagi naik ke puncak. Dibuka lagi ketika jam satu malam,” ujar Tomex kepada wartawan di Markas Polda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Jumat (16/12/2016).

Tomex menuturkan, arus lalulintas dari menuju Sukabumi via puncak akan dialihkan melalui jalur Bogor dan Ciawi. Sementara masyarakat yang akan ke Cianjur via puncak, akan dialihkan melintasi jalur Jonggol dan Sukabumi. Alternatif ini juga berlaku untuk arah sebaliknya.

Tomex mengatakan, selama ini jalur puncak menjadi destinasi favorit bagi masyarakat merayakan pergantian momen tahun baru. Bahkan, ujarnya, jumlah kendaraan bisa mencapai puluhan ribu.

“Sedangkan kalau dihitung, dari Gadog misalnya, kapasitas ruang hanya bisa untuk 5000 kendaraan, sementara untuk menuju puncak itu bisa sampai 25 ribu sampai 40 ribu kendaraan,” kata mantan Dirlantas Polda Sumatera Selatan ini.

Maka dari itu, lanjut Tomex, perlu adanya rekayasa lalulintas guna mengantisipasi kemacetan panjang di jalur puncak.

“Sehingga perlu cara bertindak dengan merekayasa lalulintas pada jam-jam tertentu,” katanya. (dra/tribunnews.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here