Pakar Kopi: Masa Depan Kopi di Indonesia Ada di Jenis Robusta

80
0
SHARE

BHARATANEWS.ID |BANDUNG – Hitam, pahit, tapi menenangkan. Begitu kalau para penikmatnya menggambarkan secangkir kopi.

Kenikmatan kopi asal Indonesia sudah terkenal secara mendunia. Namun, pakar kopi IndonesiaAdi Taroepratjeka mengatakan kalau masa depan kopi di Indonesia ada di kopi jenis Robusta. Sebab, menurut dia, mayoritas masyarakat Indonesia masih takut rasa asam pada jenis kopi Arabica.

“Saya percaya bahwa salah satu masa depan negeri ini di robusta. kalau kita bisa memperbaiki pasca panennya kita bisa membuat kualitas kopi lebih baik kita bisa mensejahterakan petani kopi di negeri ini,” ucap Adi kepada arah.com di Bandung.

Dia juga mengungkapkan bahwa di dunia ini banyak rasa kopi yang dihasilkan. Kata Adi, tempat penanaman kopi akan menghasilkan rasa kopi yang berbeda-beda. Dan, jenis kopi memiliki cita rasa yang berbeda pula.

“Robusta itu pohonnya yang kuat ditanam dimanapun bisa, hasilnya banyak, tapi karakter rasanya belum secantik arabica. Arabica pemetikan pasca panen sudah diatur dan sudah dijaga, itu yang bikin kualitasnya sangat baik,” jelasnya.

Dirinya membenarkan kalau warga Indonesia masih belum bisa menikmati kopi terbaik dari kualitas kopi yang ditanam. Kebanyakan, kopi yang berasal di Indonesia justru di impor ke luar negeri dan masih banyak warga yang belum bisa menghargai kopi.

“Itu sih dari dulu, itu balada negara penghasil, karena di satu sisi banyak dari kita yang tidak rela untuk bayar lebih untuk kopi, dimana-mana kalau mau barang bagus ya bayarnya harus rada bagusan, dan di sisi lain kadang kita tidak apresiasi barang yang bagus itu juga,” ungkapnya. (Haryanto/arah.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here