10.000 Peserta Ramaikan Bogor Fruit Karnaval di Kampus IPB

101
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | BOGOR – Sebanyak 10.000 peserta memeriahkan acara Bogor Fruit Karnaval yang diselenggarakan oleh Institut Pertanian Bogor (IPB) bersama Kementerian Pertanian dan Pemerintah Kota Bogor di Lapangan Kampus IPB Baranangsiang, Kota Bogor, Jawa Barat, Minggu (11/12/2016).

Karnaval ini sendiri merupakan puncak acara rangkaian Fruit Indonesia 2016 yang digelar 17-20 November lalu yang diselenggarakan di Parkir Timur Senayan, Jakarta.

Rektor IPB Herry Suhardiyanto, mengatakan, Karnaval Fruit Indonesia bertujuan untuk mengampanyekan berbagai jenis buah nusantara kepada masyarakat agar menumbuhkan rasa kecintaan serta meningkatkan konsumsi dan produksi buah nusantara. Selain itu, nantinya juga akan ada pembacaan ‘Ikrar Cinta Buah Nusantara’ yang akan diikuti oleh seluruh peserta karnaval.

“Pembacaan Ikrar Cinta Buah Nusantara ini sebagai bentuk komitmen dalam upaya mendukung peningkatan produksi dan konsumsi buah dalam negeri, meningkatkan kecerdasan dan tercapainya kesejahteraan bangsa,” katanya.

Selain Ikrar Cinta Buah Nusantara, serangkaian kegiatan akan meramaikan Karnaval Fruit Indonesia 2016. Di antaranya pawai, lomba mobil hias, lomba kostum karnaval, dan lomba marching band. Ada pula Pasar Tani yang menyediakan berbagai produk pertanian seperti bibit, benih, pupuk, produk olahan hasil pertanian.

“Fruit Indonesia 2016 merupakan festival ke-4 yang digelar IPB bekerjasama dengan Kementerian Pertanian sejak 2013 yang merupakan bagian dari Gerakan Revolusi Oranye, menjadikan kegiatan buah nusantara sebagai salah satu andalan komoditas ekspor utama,” jelasnya.

Pada pembukaan Fruit Indonesia 2016 di Parkir Timur Senayan, Presiden Joko Widodo yang mendukung terhadap gerakan Revolusi Oranye, dengan potensi buah asli Indonesia sebagai salah satu penopang ekspor sangat besar sehingga diperlukan pengelolaan yang baik mulai penanaman hinga pasca panen.

“Ini sesuai arahan Presiden Joko Widodo, tahun ini kegiatan yang dulu dikenal dengan nama Festival Bunga dan Buah Nusantara (FBBN) lebih fokus untuk memperkenalkan buah-buah dari nusantara,” tutupnya.

(sus/news.okezone)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here