Pohon-Pohon Kelapa Jawa Barat Mulai Menua

54
SHARE

BHARATANEWS.ID | BANDUNG РDinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat mencatat kelapa di sekitar 50.700 hektare dari 167.000 hektare lahan komoditas kelapa di Provinsi Jawa Barat rusak. Hal ini disebabkan berbagai faktor, seperti usia tanaman yang sudah tua.

“Bahwa di lapangan terjadi, kerusakan tanaman untuk jenis kelapa hampir sekitar 30 persen dari 167 ribu hektare lahan kelapa di Jawa Barat,” kata Kepala Dinas Perkebunan Jawa Barat Arief Santosa, di sela-sela Peringatan Coconut Day, di Halaman Gedung Sate Bandung, Jumat, 9 Desember 2016.

Seperti dilansir dari Antara, Arief mengatakan selain karena faktor usia kelapa yang tua, rusaknya lahan kelapa di Provinsi Jawa Barat yang tersebar di sepanjang Jalur Selatan Jawa Barat (dari Pangandaran hingga Sukabumi) juga disebabkan masalah hama dan alih fungsi lahan.

“Jadi jika ada tanaman kelapa yang rusak karena faktor usia atau hama itu maka produktivitas si pohon kelapa itu akan sangat menurun drastis,” kata Arief.

Menurut dia, ada sejumlah strategi yang disiapkan Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat untuk mengoptimalkan produktivitas kelapa seperti melakukan “peremajaan” terhadap pohon kelapa yang berusia tua (di atas 30 tahun). Rencana aksi ini butuh dukungan dari sejumlah dinas terkait.

“Untuk program ini kami bekerja sama dengan pemerintah pusat, supaya ada gerakan nasional revitalisasi kelapa. Programnya sudah diajukan ke pemerintah pusat ke Kementerian Pertanian. Mudah mudahan segera direalisasikan,” kata Arief.

Dia menambahkan dari total luas lahan kelapa yang ada di Provinsi Jawa Barat yakni 167 ribu hektare ternyata sebagian besarnya adalah milik masyarakat dan sebagian lainnya dimiliki oleh Perkebunan Besar Swasta (PBS).

“Kalau yang dimiliki oleh masyarakat atau individu itu hampir mencapai sekitar 52 persen dari jumlah total lahan kelapa di Jawa Barat,” kata dia.

Lebih lanjut, dia mengatakan saat ini Provinsi Jawa Barat menempati urutan ke-7 daerah penghasil kelapa di Indonesia.

“Dan semoga dengan adanya acara Coconut Day yang digelar hari ini bisa meningkatkan produktivitas kelapa di Jawa Barat dan posisi kita sebagai daerah penghasil kelapa di Indonesia bisa meningkat,” tandas Arief.(regional.liputan6)