Home Internasional Pertandingan Internasional Pertama di Luar Inggris Raya

Pertandingan Internasional Pertama di Luar Inggris Raya

21
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | INTERNASIONAL – Pada 29 November 1885,pertandingan internasional sepakbola pertama di luar Inggris Raya (United Kingdom) diselenggarakan. Pertandingan tersebut mempertemukan antara tim sepakbola Kanada melawan tim sepakbola Amerika Serikat. Pertandingan diadakan di New Jersey, sekaligus menjadi awal mula terbentuknya federasi sepakbola Kanada maupun Amerika Serikat.

Ketika itu, sepakbola Kanada masih berada di bawah naungan Canada`s Western Football Association. Federasi sepakbola ini mengundang Amerika Serikat untuk mengadakan uji tanding pada 28 November 1885. Uniknya, selain mereka (Canada`s Western Football Association) yang statusnya masih belum resmi, federasi yang mereka undang dari Amerika Serikat, yaitu American Football Association, juga adalah federasi sepakbola Amerika yang belum resmi.

Meski dianggap sebagai pertandingan internasional pertama di luar Inggris Raya, pada akhirnya Kanada dan Amerika Serikat menganggap bahwa pertandingan ini tidak resmi (melihat dari status kedua federasi yang belum resmi). Pertandingan ini menggunakan aturan dari federasi sepakbola Amerika.

Berdasarkan laporan dari The New York Times, karena menggunakan aturan federasi sepakbola Amerika, maka pertandingan pun berjalan sedikit lebih keras. Semakin keras ketika tuan rumah, Amerika Serikat, malah tertinggal 0-1 dari tim tamu, Kanada lewat gol dari Alex Gibson pada menit ke-10.

Setelah Kanada unggul, pertandingan pun berjalan lebih keras lagi. Tendangan, tebasan, permainan yang keras dan “tak kenal kompromi” menjadi warna pertandingan tersebut semenjak Kanada unggul hingga pertandingan berakhir, seperti laporan dari Globe. Saking kerasnya, bahkan beberapa kali sempat terjadi baku pukul antar pemain Amerika Serikat dan Kanada.

Dalam pertandingan ini, penjaga gawang Kanada, J. N. McKendrick, menjadi pahlawan setelah sukses menghalau peluang-peluang yang diciptakan oleh para pemain Amerika Serikat. Berkat penampilan hebatnya pulalah, Kanada berhasil menggondol kemenangan 0-1 dari New Jersey.

Walau banyak kekerasan dan sampai ada baku pukul, pertandingan ini dianggap sebagai pertandingan yang sukses oleh kedua belah pihak. Hasilnya mereka mengadakan kembali pertandingan yang sama pada tahun selanjutnya, tepatnya 1886. Pada pertandingan tersebut, Amerika Serikat berhasil membalaskan dendamnya dan mengalahkan Kanada dengan skor 3-2.

Ternyata Amerika juga sudah cukup lama mengenal sepakbola ya, meski mereka baru diakui FIFA pada 1913, atau beberapa tahun setelah pertandingan internasional pertama mereka.

foto: personal.psu.edu

(sf)(panditfootball.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here