Home Berita Utama Jababeka Hadirkan Little Mongolia di Tanjung Lesung

Jababeka Hadirkan Little Mongolia di Tanjung Lesung

21
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | BUDAYA DAN PARIWISATA – Little Mongoliabernama Mongolian Culture Center (MCC) resmi dibuka oleh PT Jababeka Tbk dan Kedubes Mongolia di Tanjung Lesung, Sabtu (26/11). Pembukaan ini merupakan bentuk perayaan 60 tahun terjalinnya hubungan bilateral antara Mongolia dan Indonesia.

Pembangunan Pusat Kebudayaan Mongolia ini akan menjadi yang pertama di Asia Tenggara. Pusat budaya yang rencananya akan beroperasi di awal 2017 itu, menempati lahan seluas 1 hektar di kawasan Ladda Bay, Tanjung Lesung.

mongolian-culture-center_tanjung-lesung-the-president-post2
Foto: Sajab/tpp
mongolian-culture-center_tanjung-lesung-the-president-post3
Foto: Sajab/tpp
mongolian-culture-center_tanjung-lesung-the-president-post4
Foto: Sajab/tpp

Presiden Direktur Utama PT Jababeka Tbk Budianto Liman, dalam pidatonya mengatakan, “Pusat budaya ini bisa menambah atraksi dan daya tarik investor karena Tanjung Lesung biasanya jadi tempat destinasi bagi warga Jakarta dan sekitarnya.”

Pusat Kebudayaan Mongolia diprakarsai Duta Besar Mongolia untuk Indonesia Madam Battsetseg Shagdar dan Komisaris Utama Jababeka Group S.D. Darmono yang merupakan Utusan Kebudayaan Mongolia (Mongolian Culture Envoy) di Indonesia sejak Januari 2016.

Madam Battsetseg Shagdar, dalam kesempatannya mengatakan, “Pusat Kebudayaan Mongolia di Tanjung Lesung akan memberikan pemahaman yang lebih luas mengenai kebudayaan dan tradisi Mongol. Selain itu, sekaligus menjadi ajang promosi dan pertukaran budaya, meningkatkan pemahaman, dan mempererat hubungan persahabatan dua negara.”

Sementara Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kemenpar I Gde Pitana menyatakan, “Semoga dengan adanya Mongolian Center ini menjadi daya tarik baru di Tanjung Lesung. Karena Mongolia merupakan negara yang penuh sejarah dan sangat dikenal dunia, sehingga bisa mendatangkan wisatawan Mongolia, dan juga menarik untuk wisatawan mancanegara dari negara lain. Selain itu, Mongolia juga salah satu negara yang mendapatkan kebijakan bebas visa kunjungan dari pemerintah. Jadi silahkan datang ke Tanjung Lesung.”

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) telah menargetkan wisman dari Greater China, Oceania, Asia Tenggara, Asia, Greater India, dan Eropa sebagai pasar utama kunjungan ke Indonesia.

Apabila pengunjung ke Tanjung Lesung Beach, MCC sudah mendirikan empat tenda besar yang langsung dibawa dari Mongolia dan empat tenda kecil sebagai pendukung.

Menurut Direktur Utama PT Banten West Java (BWJ) Poernomo Siswoprasetijo, yang juga selaku CEO PATA Indonesia Chapter, “Tenda-tenda tersebut nantinya bisa menjadi tempat menginap para pengunjung dan wisatawan lainnya. Ini adalah MCC terbesar Mongolia di Asia. Di dalam tenda itu akan banyak ornamen dan ciri khas Mongolia. Contohnya kebiasaan mereka memanah, yang akan menjadi sangat khas dan membuat seksi Tanjung Lesung.”

Nantinya MCC juga akan akan dilengkapi taman, kuda, dan patung Gengis Khan sehingga menjadikannya sebagai Mongolia kecil atau Little Mongolia di Indonesia.

Selama acara pembukaan, ditampilkan lagu dan musik tradisional, serta makanan otentik dari Mongolia

Pada acara tersebut juga hadir 10 Duta Besar dari Austria, Papua New Gini, Seychelles, Turki, Myanmar, Irak, Panama, Vietnam, Hungaria dan Zimbabwe.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here