10 Destinasi wisata cantik Indonesia yang jadi lokasi syuting film top

44
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | BUDAYA DAN PARIWISATA РMencari lokasi syuting yang indah di Indonesia sebenarnya nggak sulit. Dari ujung barat hingga timur Indonesia, terbentang berbagai wilayah yang sangat indah. Para produser pun tinggal memilih, apakah mereka ingin film berlatar belakang pantai, danau, sabana, gunung, atau budaya dan lainnya. Dijamin semuanya ada di Indonesia.

Namun memang harus diakui, orang Indonesia sendiri banyak yang belum mengenal lokasi-lokasi indah tersebut. Nah, kini seiring banyaknya film yang memanfaatkan objek alam nan indah itu, membuat mereka tahu bahwa Indonesia sangatlah kaya. Bahkan orang dari luar negeri sekelas industri film Hollywood pun nggak ragu untuk menjadikan Indonesia sebagai lokasi pengambilan film.

Nah, berikut 10 lokasi syuting film di Indonesia yang bikin kamu ngiler, sebagaimana dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Senin (28/11):

1. Pulau Moyo, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Air terjun dan sebuah desa nelayan kecil yang ada di Pulau Moyo, Nusa Tenggara Barat menghiasi salah satu bagian dari film Savages. Pemandangan alam yang ada di pulau ini memang memesona, dan sudah lama terkenal ke mancanegara. Bahkan mendiang Putri Diana pun pernah menikmati air terjun yang ada di pulau tersebut pada tahun 1990-an.

2. Pantai Padang-padang, Bali.

Film Eat, Pray, Love yang dibintangi Julia Robert sangat terkenal. Di film ini, spot yang banyak diingat penonton adalah kala Julia jalan-jalan menggunakan sepeda di Ubud, Bali.

Namun selain keindahan persawahan dan budaya, film ini juga menyajikan keindahan Pantai Padang-Padang. Sekarang pantai ini makin terkenal. Banyak turis ingin tahu keindahan dan kejernihan air pantai yang pernah menjadi lokasi syuting film Hollywood tersebut.

3. Ranu Kumbolo, Malang-Lumajang, Jawa Timur.

Ranu Kumbolo yang terletak di Malang dan Lumajang Jawa Timur ini terkenal dengan danaunya yang indah di balik Gunung Semeru. Pemandangan sekitar danau juga sangat memesona. Perpaduan antara danau, lereng gunung, dan rerumputan luas ini memperindah film 5 Cm.

4. Pulau Mursala, Sibolga, Tapanuli Tengah.

Kalau kamu pernah menonton film King Kong (2005), maka kamu sekilas sudah menyaksikan panorama di pulau ini. Ya, Pulau Mursala. Pulau ini menjadi terkenal setelah konon menjadi lokasi syuting film Hollywood tersebut.

Nah, di pulau ini, kamu bisa menikmati berbagai alternatif wisata alam seperti keindahan Air Terjun Mursala yang sangat terkenal. Kamu juga bisa menikmati keindahan biota bawah lautnya, lho.

5. Pantai Tanjung Tinggi, Belitung.

Warga Belitung pantas berterima kasih kepada Andrea Hirata, karena berkat film Laskar Pelangi yang diadopsi dari bukunya yang berjudul sama membuat Belitung kini menjadi salah satu destinasi favorit wisata di Indonesia.

Pantai Tanjung Tinggi yang diperkenalkan dalam film tersebut pun kebanjiran wisatawan. Keindahan pantai dan bebatuan besar yang di pantai itu semakin terkenal dari tahun ke tahun.

6. Teluk Tarimbang, Sumba.

Keindahan alam di Nusa Tenggara Barat, khususnya Sumba kembali memberi inspirasi untuk memperindah sebuah film. Kali ini film yang mengambil syuting di Sumba berjudul Pendekar Tongkat Emas. Sederet bintang papan atas Indonesia main di sini seperti Eva Celia, Christine Hakim, Nicholas Saputra, Reza Rahadian, dan Slamet Rahardjo.

7. Wamena dan Cartenz Pyramid, Papua.

Film Denias: Senandung di Atas Awan cukup populer beberapa tahun lalu. Kisah tentang perjuangan anak Papua yang ingin sekolah ini nggak hanya memperlihatkan semangat yang membara, tapi juga keindahan alam Papua yang masih perawan. Misalnya seperti Dataran Tinggi Wamena dan kawasan Cartenz Pyramid.

8. Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

Film The Mirror Never Lies nggak begitu dikenal di Indonesia, tapi film ini ternyata pernah tampil di Busan International Film Festival (Korea Selatan), Tokyo International Film Festival (Jepang), Mumbai International Film Festival (India), dan Canada International Film Festival (Kanada).

Film ini menceritakan tentang anak bernama Pakis yang menunggu dan rindu berharap ayahnya bisa pulang dari melaut. Keindahan pantai di Wakatobi merupakan salah satu sebab kenapa banyak penonton betah menonton film ini.

9. Tenggarong, Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur.

Sejumlah sudut Kota Kutai Kertanegara, terutama Tenggarong, tersaji indah dalam film Erau Kota Raja dibintangi Denny Sumargo dan Nadine Chandrawinata. Film ini memang dibuat untuk mempromosikan budaya dan keindahan festival budaya Erau di Tenggarong.

Walaupun nggak diketahui dengan pasti lokasi tepatnya scene Erau diambil, ada satu lokasi yang kemungkinan besar menjadi lokasi syuting film ini, yakni Sungai Mahakam. Karena sungai inilah yang menjadi lokasi acara adat Erau sekaligus even akbar internasional yang diikuti beberapa negara di dunia, seperti Rusia, Bulgaria, Kanada, Taiwan, Rumania dan lain-lain.

Di Sungai Mahakam, kamu bisa menikmati pemandangan sekeliling dengan menggunakan Kapal Cruise. Apalagi kalau saat Erau diselenggarakan, kamu bisa ikut menikmati semaraknya budaya Kutai Kertanegara ini, lho.

10. Pantai Liang di Tulehu, Salahutu, Maluku Tengah.

Salah satu film Indonesia bertema semangat persepakbolaan sekaligus kemajemukan Tanah Air adalah Cahaya Dari Timur: Beta Maluku (2014), yang dibintangi oleh Chicco Jerikho. Memang nggak disebutkan secara pasti pantai Maluku mana yang menjadi lokasi syuting film yang diproduseri Glenn Fredly dan disutradarai oleh Angga Dwimas Sasongko ini.

Namun jangan berkecil hati, Salahutu juga punya pantai yang menakjubkan. Salah satunya adalah Pantai Liang. Pantai ini masih perawan dengan keindahan laut birunya. Selain itu juga hamparan cantik pasir putih yang menghubungkan laut dengan deretan pepohonan hijau di pinggir pantai.

Nah, setelah melihat beberapa lokasi indah di atas, bikin kamu ngebet buat liburan? Jangan khawatir karena Blibli.com punya solusi buat liburan gratis sepanjang tahun. Seriuss???

Semakin sering kamu belanja di Blibli.com, kamu berkesempatan besar keliling Indonesia gratis dengan mengikuti promo #MyBigWish #GratisKelilingIndonesia. Hadiah utama yang menantimu ada tiket terbang gratis keliling Indonesia sepanjang tahun, voucher menginap gratis di hotel seluruh Indonesia sepanjang tahun, sampai voucher belanja gratis di Blibli.com sepanjang tahun! Dan, masih banyak hadiah lainnya, lho. Untuk info lebih lengkap bisa dilihat di sini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here