Duh, Ketidakpastian Ekonomi Masih Akan Berlanjut pada 2017

42
0
SHARE

BHARATANEWS.ID |BOGOR – Potensi risiko yang pertama karena dunia masih menebak-nebak arah kebijakan Presiden terpilih Donald Trump dan rencana Bank Sentral AS (The Fed) untuk menyesuaikan suku bunga acuan. Kedua, tahun depan ada ‘election’ di Jerman dan Prancis, dua negara terbesar di Uni Eropa. Ketiga, perlambatan ekonomi di Tiongkok yang saat ini sulit untuk mencapai pertumbuhan ekonomi tinggi.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan risiko global masih membayangi kondisi perekonomian pada 2017 sehingga upaya untuk mengatasi perlambatan tersebut harus dilakukan.

“Secara ringkas, tahun depan ketidakpastian ekonomi masih berlanjut. Negara maju dan berkembang sama-sama mengalami situasi harus menjaga risiko ke bawah,” kata Sri Mulyani dalam pelatihan wartawan, di Sentul, Bogor, Sabtu.

Potensi risiko yang pertama karena dunia masih menebak-nebak arah kebijakan Presiden terpilih Donald Trump dan rencana Bank Sentral AS (The Fed) untuk menyesuaikan suku bunga acuan. Kedua, tahun depan ada ‘election’ di Jerman dan Prancis, dua negara terbesar di Uni Eropa. Ketiga, perlambatan ekonomi di Tiongkok yang saat ini sulit untuk mencapai pertumbuhan ekonomi tinggi.

Salah langkah antisipasi yang bisa dilakukan untuk mengatasi gejolak ekonomi global pada 2017 adalah menjaga sumber pertumbuhan ekonomi domestik dengan memperkuat konsumsi rumah tangga dan investasi. Upaya lainnya dengan memperkuat ketahanan fiskal melalui penyusunan APBN yang kredibel dan realistis.

( Wid/Deb/jaringnews.com )

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here