Home Wilayah Depok UN Dihapus, Pemkot Depok Tunggu Inpres untuk Tentukan Kebijakan

UN Dihapus, Pemkot Depok Tunggu Inpres untuk Tentukan Kebijakan

27
0
SHARE

BHARATANEWS.COM | DEPOK-Rencana penghapusan Ujian Nasional (UN) mulai 2017 mendatang yang diungkapkan Mendikbud dan sudah disetujui Presiden, membuat Pemerintah Kota (Pemkot) Depok saat ini, menunggu inpres yang tengah dibuat dalam penghapusan itu, untuk mengambil langkah kebijakanselanjutnya.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok M Thamrin, kepada Warta Kota, Jumat (25/11/2016).

“Kita tunggu Inpresnya seperti apa, saat UN nanti dihapus. Intinya kita siap menjalankan itu jika UN memang dihapus,” kata Thamrin.

Dalam inpres tersebut, kata Thamrin, pasti akan disebutkan pengganti UN yakni ujian akhir apakah diserahkan untuk dibuat pemerintah daerah di tingkat mana.

“Apakah ujian akhir pengganti UN diserahkan ke pemerintah daerah tingkat provinsi, atau boleh dibuat oleh pemerintah daerah dibawahnya di tingkat kota atau kabupaten,” kata Thamrin.

Jika nantinya dibuat oleh pemerintah tingkat provinsi, menurut Thamrin, pihaknya hanya mengikuti saja kebijakan itu dan menjalankannya mengikuti kebijakan Pemprov Jabar.

“Namun jika ujian akhir pengganti itu diserahkan ke tingkat kota, maka kami akan buat sistem dan bentuk ujian akhirnya. Intinya tidak akan ada masalah, apakah ujian akhir itu dibuat oleh provinsi atau kami,” kata Thamrin.

Yang jelas, kata dia, dengan dihapuskanya UN, maka memang harus ada ujian akhir pengganti sebagai tolak ukur untuk melihat kemampuan siswa guna naik ke jenjang pendidikan berikutnya.

“Yang repot kalau tidak ada ujian akhir. Makanya itu pasti akan ada. Hanya tidak lagi secara nasional atau UN, namun perwilayah,” kata Thamrin.

Sebelumnya Mendikbud menyatakan bahwa UN akan dihapuspada 2017 mendatang. Hal itu dipastikan seteleh Presiden Jokowi menyetujui hal itu dan kini tengah menunggu inpres yang dibuat.(wartakota.tribunnews.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here