Sumbar Expo 2016 di Bandung, Usaha Promosikan Potensi Wisata Unggulan Sumatera Barat

31
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | BUDAYA DAN PARIWISATA – Sumatera Barat Expo 2016 malam ini resmi dibuka di Bandung. Pembukaan digelar di Hotel Preanger, dihadiri Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan.

Mengambil tema “WEST SUMATERA : WEST SUMATERA : UNIQUE IN DIVERSITY” Sumbar Expo 2016 akan menitikberatkan kepada keunikan dan potensi unggulan yang dimiliki Sumbar kepada Indonesia dan juga kepada dunia. Kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 24 -27 November 2016 berlokasi di Cikapundung River Spot Bandung.

Sumbar Expo 2016 di Bandung tahun ini memang cukup istimewa mengingat tuan rumah, yang diwakili Gubernur Ahmad Heryawan, turut hadir dalam pembukaan sekaligus memberikan sambutan selamat datang kepada seluruh warga Minang dan warga Jabar asal Minang yang hadir.

Dalam sambutannya, Heryawan mengatakan bahwa selama ini masyarakat Minang di Jabar sudah banyak memberi manfaat kepada warga Jabar. “Saya tentu berharap sebaliknya warga Jabar di Minang memberi kebaikan dan manfaat bagi warga di sana. Hal ini sebagaimana kata pepatah dimana bumi dipijak disana langit dijunjung,” kata Heryawan disambut tepuk tangan seluruh undangan.

Heryawan pun mengakui bahwa sebagaimana wilayah Indonesia pada umumnya, wilayah Sumbar memiliki berbagai keunikan, mulai dari budaya, produksi kuliner, fesyen dan lain-lain. “Misalnya di kuliner, warga Sunda tentu tidak asing dengan masakan padang,” ujarnya.

Sementara Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, mengatakan bahwa tahun ini Sumbar Expo diadakan di Bandung karena sektor pariwisata dan kuliner Jawa Barat hampir sama dengan pasar Sumatera Barat. Kota Bandung dipilih sebagai pelaksanaan Sumatera Barat Expo tahun 2016 karena dari sisi UMKM Bandung terkenal sebagai salah satu pusatnya inovasi dan kreativitas yang tinggi di indonesia.

“Selain itu dari sisi wisatawan domestik, Bandung pun memiliki potensi yang tinggi untuk dapat bekerja sama dan menjalin networking dengan peserta di Sumatera Barat Expo nantinya, sehingga diharapkan akan terjadi hubungan simbiosis mutualisme dengan pasar Sumatera Barat,” katanya.
Adapun pengunjung yang diharapkan akan hadir di SumateraBarat Expo 2016 adalah perwakilan negara sahabat di Bandung, atase ekonomi dan investasi negara-negara sahabat di Indonesia, lembaga ekonomi dan investasi asing di Indonesia.

Kegiatan Sumatera Barat Expo 2016 merupakan event tahunan yang sudah berjalan semenjak tahun 2011. Pada tahun 2011-2013 kegiatan ini dilaksanakan di Jakarta, tahun 2014 di Bali dan tahun ini di Bandung.

“Maksud dan tujuan diadakan kegiatan ini adalah sebagai upaya mempromosikan potensi unggulan Sumatera Barat yang terdiri dari 3 sektor yaitu pariwisata, investasi perdagangan dan UMKM. Ketiga sektor ini diharapkan dapat memperluas pasar dan juga meraih calon investor dan mitra bisnis untuk kemajuan Provinsi Sumatera Barat,” harap Irwan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here