Sejarah dan Kumpulan Kata Mutiara Peringati Hari Guru Nasional 25 November 2016 !

49
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | NASIONAL – Tanggal 25 November 2016 merupakan hari spesial, pasalnya di Indonesia diperingati dengan Hari Guru Nasional. Seperti biasanya, disejumlah instasi pemerintah dan sekolah akan diselenggarakan Upacara Bendera sebagai wujud penghormatan bertepatan dengan Hari Guru Nasional.

Dan pada hari ini, Jumat (25/11/2016) tak ketinggalan untuk memperingati Hari Guru Nasional. Apalagi peringatn tersebut bertepatan dengan hari lahirnya organisasai guru yakni Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Namun rupanya banyak yang belum tahu mengenai sejarah Hari Guru Nasional yang diperingat setiap tanggal 25 November. Lalu bagaimana sejarah Hari Guru Nasional terlahir ?

Ternyata sebelum Indonesia Merdeka atau saat penjajahan dulu sudah terbentuk sebuah organisasi yang didirikan yaitu Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) pada tahun 1912. Namun setelah dua dekade, PGHB tersebut berganti nama menjadi PGI (Persatuan Guru Indonesia) untuk bisa lepas dari bayang-bayang masa penjajahan Belanda.

Sayangnya, pada masa jajahan Jepang, hampir seluruh organisasi dilarang termasuk PGI yang di non-aktifkan. Barusal setelah proklamasi dikumandangkan pada tanggal 17 Agustus 1945 kemudian dilakukan Kongres Guru Indonesia tepatnya pada tanggal 24-25 November 1945 di Surakarta.

Tercatat dalam sejarah baru, dimana pada tanggal 25 November 1945 disebut hari berdirinya PGRI. Pemerintah pun langsung menetapkan jika hari lahir PGRI sama sebagai Hari Guru Nasional yang diperingati setia 25 November.

Beragam cara dapat dilakukan untuk memperingati hari tersebut, salah satunya dengan upacara bendera, lomba baca puisi atau pidato yang berkaitan dengan Hari Guru. Namun ada juga berbagai tindakan kecil yang dapat diwujudkan sebagai bentuk pernghormatan tehadap jasa-jasa guru yaitu dengan memberikan ucapan secara langsung maupun tertulis lewat kata-kata mutiara Hari Guru Nasional yang patut disimak dibawah ini.

Kata Mutiara Peringati Hari Guru Nasional 25 November 2016 :

“Engkau bagaikan lilin yang selalu menerangi setiap kegelapan, semoga setiap peluh lelahmu melahirkan generasi tangguh dan berji negarawan,”.

“Apabila di dunia in i tak ada sosok guru, niscaya manusia bisa saja cerdas namun kecerdasaran yang sebatas manusia primitive,”.

“Seperti di Bintang di Malam Hari, Beragam Ilmu Aku Dapat Lewat Guru,”.

“Guru Bagaikan Matahari Yang Menjadi Pencerah Atas Kebodohan Kita,”.

“Terima Kasih Guru Atas Jasa Jasamu, Selamat Hari Guru Nasional 2016,”.(Indowarta.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here