Romo Magnis Terima Penghargaan di Milan

39
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | NASIONAL – Romo Franz Magnis Suseno S.J. memperoleh penghargaan Premio Internazionale Matteo Ricci atau Matteo Ricci Award (MRA) atas perannya memajukan dialog antarumat beragama di Indonesia.

Counsellor Pensosbud KBRI Roma Charles F. Hutapea kepada Antara London, Jumat (25/11) mengatakan penghargaan itu diserahkan dalam suatu seremoni yang dihadiri kalangan akademisi dan mahasiswa Italia, serta para pastor dari Societa Jesuit Indonesia. “Penghargaan diserahkan Pastor Agostino Gemelli, Dewan Fakultas Sosial Politik Universitas Sacro Cuore, universitas terkemuka di Italia yang didirikan 1921,” kata dia.

Matteo Ricci Award adalah penghargaan yang terinspirasi dari jasa Pastor Matteo Ricci (1552-1610), seorang misionaris sekaligus ilmuwan matematika dan astronomi Katolik dari Italia yang menjadi lambang ideal dari persaudaraan antarmanusia.

Rektor Universitas Sacro Cuore, Franco Anelli mengatakan Romo Magnis-Suseno dipandang sebagai tokoh dengan kontribusi mendasar bagi dialog antarkeyakinan, baik dalam bidang sains dan akademik, maupun diskusi publik. Romo dinilai berdedikasi tanpa lelah dalam advokasi terhadap toleransi antarkeyakinan di Indonesia. “Indonesia diakui sebagai negara yang mampu mengelola perbedaan dan pluralisme di mana Pancasila hadir sebagai falsafah dasar bangsa,” kata dia.

Dalam kesempatan itu, Romo Magnis-Suseno menyampaikan kuliah umum (Lectio Cathedrae Magistralis) dengan tema “Bearing Witness to the Gospel in a Muslim Society. A Learning Process”. Dia menceritakan pengalamannya sebagai misionaris Jerman yang menyelami kehidupan masyarakat Jawa hingga kemudian memilih menjadi WNI pada 1977.

Dalam proses asimilasinya, Romo Magnis memperoleh proses pembelajaran mendalam pentingnya komunikasi yang baik dengan masyarakat melalui dialog antarkeyakinan.

Ketika kini muncul ekstremisme atas nama agama, tantangan baru hadir dalam hubungan antarumat. Untuk itu, semakin diperlukan adanya dialog dalam bahasa yang bijaksana.

Romo Franz Magnis-Suseno adalah Profesor Emeritus Sekolah Tinggi Driyarkara, Jakarta dan merupakan salah satu intelektual Katolik terkemuka di Indonesia. Ia menulis sejumlah buku antara lain “Etika Jawa” dan “Etika Politik”, menjadi anggota Indonesia-Germany Advisory Group (IGAG) yang menjadi salah satu program kerja Kemlu pada 2014-2015.

Pada 2015, Romo Magnis mendapatkan penghargaan Bintang Mahaputera dari Presiden Joko Widodo.(beritasatu.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here