Perwira Polisi Ini Pun Bisa Mendalang Lho!!

45
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | DEPOK – HIDUP dengan kondisi serba terbatas bahkan kurang telah ‘kenyang’ dialami perwira polisi ini. Saking susahnya kondisi orangtua, pria 53 tahun ini bahkan sempat putus sekolah dan mencari uang dengan menjadi tukang dekor di acara pernikahan. Kini berkat semangat pantang menyerah, Iptu H.Sarewan menuai hasil manis.

Ia dipercaya menjabat sebagai Kanit Binmas Polsek Beji, Depok, Jawa Barat, oleh pimpinannya. “Sejak dulu saya memang bercita-cita jadi polisi, namun terhalang dengan kondisi saat itu. Orangtua bahkan sempat tak mendukung. Ayah saya minta saya menjadi ahli pertanian,” katanya saat ditemui Pos Kota.

Dikisahkan pria asal Yogyakarta ini, sebelum masuk menjadi polisi, ia pernah mendaftar jadi tentara, namun gagal.

Lima bulan kemudian, ia kembali berjuang dengan mendaftar di polisi dan diterima, pada tahun 1985. “Lalu melanjutkan sekolah Alih Golongan (Agol) hingga berhasil menjadi seorang perwira berpangkat Iptu,”ujarnya.

PUTUS SEKOLAH

Iptu Sarewan yang terlahir dari lingkungan keluarga tak mampu sempat mengalami kondisi yang memprihatinkan. Bahkan saking susahnya, ia sempat putus sekolah saat duduk di bangku SMP lantaran orang tua tak ada biaya.

“Namun keinginan untuk melanjutkan sekolah masih ada, sehingga saya berusaha mencari uang dengan bekerja serabutan, termasuk menjadi tukang dekor pengantin,” katanya.

Ilmu mendekorasi acara pernikahan diakuinya diperoleh secara otodidak. Ketekunan dengan pekerjaannya itu akhirnya membuahkan hasil. Ia mampu melanjutkan sekolah hingga jenjang SMA. “Kondisi keluarga yang memprihatinkan menjadi motivasi bagi saya mewujudkan cita-cita menjadi polisi,” ujarnya.

Ada hal unik pada diri Iptu Sarewan. Di tengah kesibukannya menjadi seorang anggota polisi ia kerap menyalurkan hobinya menjadi seorang dalang.

“Kemampuan bermain dalang wayang berawal saya ketika masih duduk bangku SD, sudah bergabung sekolah pendalangan yaitu di Habirande Serambi Keraton Yogyakarta pada tahun 1975 selama dua tahun,”tambahnya. (postkotanews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here