Pelayanan Kesehatan di Bolmong Buruk

46
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | KESEHATAN – Citra dunia kesehatan di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), buruk. Rapor merah pun diberikan Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Steven Kandouw, buat pelayanan kesehatan di Kabupaten Bolmong.

Steven Kandouw dalam sambutannya, mengkritik pelayanan kesehatan di Kabupaten Bolmong. Menurutnya, dari 15 kabupaten di Sulut, Bolmong masuk dalam kategori pelayanan kesehatan buruk. “Maka target Pemerintah Provinsi untuk tahun depan, Kabupaten Bolmong akan difokuskan untuk pembangunan fasilitas kesehatan dengan anggaran dari pemerintah pusat sebesar 25 miliar rupiah,” ujar Kandouw saat memberikan sambutan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang dipusatkan di Lapangan Daagon, Desa Lolak, yang diikuti keterwakilan Dinas Kesehatan se-Sulut, Kamis (24/11)kemarin.

Ia mengatakan, pelayanan kesehatan buruk itu kendalanya ada pada fasilitas yang belum memadai. Sehingga, untuk rujukan masih harus ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Prof Kandouw di Manado. “Kalau ada pembangunan minimal Rumah Sakit rujukan di wilayah Bolmong, maka itu akan menekan angka meninggalnya pasien dalam perjalanan menggunakan ambulance menuju manado,” jelasnya.

Wagub berharap, Pemkab dan DPRD Bolmong dapat melobi pemerintah pusat terkait anggaran kesehatan. “Tahun ini pemerintah sudah alokasikan anggaran sebesar 15 miliar rupiah untuk RSUD Datoe Binangkang yang sementara tahap pembangunan di Lolak. Tahun depan di Bolmong anggaran akan fokus di kesehatan dengan anggaran yang sumbernya dari,” katanya.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Bolmong, Drg Rudiawan, merasa optimis ke depan pelayanan kesehatan akan lebih baik lagi. “Metode ke depan diharapkan pelayanan kesehatan lebih bagus, SDM lebih ditingkatkan dan juga infrastruktur, karena adanya bantuan dari pemerintah,” katanya.

Menurutnya, Kabupaten Bolmong masuk kategori pelayanan terburuk dikarenakan beberapa fasilitas penunjang belum memadai dan perpindahan RSUD. “Seperti kurangnya kendaraan Ambulance serta pindahnya RSUD ke Lolak. Nah itu dimulai dari awal? lagi,” ucapnya. (endar yahya)(mediasulut.co)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here