Komunkasi Politik Antar Ketum Parpol Menggembirakan

45
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | POLITIK – Direktur Eksekutif EmrusCorner, Emrus Sihombing,  menyatakan, komunikasi politik kebangsaan yang sering disebut sebagai safari politik, antar ketua umum (ketum) partai, dari aspek ilmu komunikasi politik merupakan  hal yang lazim dan sangat bernilai tinggi untuk merawat kebangsaan dalam kerangka NKRI.

Dikatakan, komunikasi politik antar ketum partai merupakan dialog politik untuk saling bertukar pikiran, gagasan dan ide tentang berbagai hal, termasuk membincangkan dinamika politik kekinian di Tanah Air.

Dengan demikian, lanjut dia,  terjadi proses pengayaan pandangan di antara mereka. Perjumpaan dan dilanjutkan dengan dialog dan komunikasi, sebagaimana dikemukakan Presiden Jokowi, bisa membuat para pihak semakin tahu apa yang harus diperbaiki di mana sebelumnya tidak terpikir.

“Ruang komunikasi politik oleh para pengambil keputusan di partai masing-masing itu, sebagai simbol kebersamaan, sekalipun mereka dari partai yang berbeda yang kadang kala terjadi persaingan politik dalam suatu momentum kontestasi pemilu,” ujar dia di Jakarta, Kamis (24/11).

Artinya, pertemuan para ketum partai, sekalipun ada perbedaan politik di antara mereka, tidak menghalangi komunikasi silahturahmi kebangsaan di antara sesama mereka, sebagai perwujudan nilai luhur dari warisan nenek dan kakek moyang. Selain itu, lanjut dia, pertemuan langsung antara elite partai tersebut sebagai  simbol kebersamaan dan pendidikan politik bagi seluruh rakyat Indonesia.

Sebagai simbol kebersamaan, lanjutnya,  rakyat Indonesia dapat memaknai bahwa para pemimpin bangsa juga memberikan teladan persatuan pada tingkat mikro (daerah) dan makro (NKRI) melampaui sekat-sekat kepentingan politik.

“Kebersamaan antara elite politik, termasuk antar ketum partai, selalu mengemuka bila ada yang mengutak atik kepentingan bersama, seperti adanya potensi dan atau indikasi terganggunya empat pilar yaitu, NKRI, UUD 1945, Pancasila dan Kebhinekaan Tunggal Ika,” katanya.(suaramerdeka.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here