Komunitas Lanosta: Seni Itu Obat, Usia Tak Jadi Halangan Bergerak

29
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | DEPOK – Komunitas Lansia Bernostalgia atau yang disingkat Lanosta adalah sebuah komunitas yang berisi orang-orang dari beragam profesi dengan minat dan kepeduian yang sama yakni kepedulian akan orang-orang lanjut usia.

Demikian dikatakan ketua Lanosta, Wikanto, saat DepokPos berkesempatan menyambangi sekretariat Lanosta yang ada di wilayah Sukmajaya, Depok. “Kita ini komunitas peduli lansia, awalnya kita-kta yang sudah memasuki usia lanjut ini memang hanya sekedar berkumpul, itu sudah lama sejak beberapa tahun lalu,” ujar pria 64 tahun ini.

Wikanto menjelaskan dari awal yang sekedar hanya berkumpul itulah kemudian digagas untuk membentuk sebuah wadah yang akhirnya diberi nama Lanosta ini. “Walau kumpulnya sudah sejak lama, tapi secara resmi Lanosta baru terbentuk 2 tahun terakhir ini, tepatnya sejak Mei 2014. Kita berkomitmen untuk berbuat sesuatu yang positif minimal untuk anggota komunitas sendiri, sukur-sukur kalau apa yang kita lakukan ini punya manfaat untuk orang banyak,” lanjutnya.

Wikanto bersama piala yang diraih ketika mengikuti salah satu event. (Dok. Pribadi)
Wikanto bersama piala yang diraih ketika mengikuti salah satu event. (Dok. Pribadi)

Wikanto menambahkan bahwa ketika seseorang memasuki usia sepuh, maka akan rentan terkena penyakit, apalagi jika hanya berdiam diri dirumah. Dengan komitmen tersebutlah akhirnya ia bersama-sama dengan kawan-kawan seusia lainnya membentuk wadah ini agar bisa berbuat sesuatu dan tidak hanya berdam diri di usia yang sudah masuk usia sepuh. “Orang kalau sudah sepuh itu, kalau diam saja dirumah malah gampang kena penyakit. Maka kita yang punya hobi dan minat yang sama yakni dibidang kesenian ini akhirnya berkumpul,” lanjut Wikanto.

Sebagian besar kegiatan Lanosta saat ini memang tak lepas dari dunia seni terutama seni bernyanyi, selain itu Wikanto menambahkan bahwa Lanosta juga kerap mengikuti acara-acara olah raga hingga kerap diundang untuk kebeberapa stasiun TV untuk memeriahkan kegiatan yang mereka adakan. “Seni itu obat, seni itu sehat dan menyehatkan. Jadi intinya itu berkegiatan, jadi lansia itu jangan diangap hanya bisa berdiam diri saja dirumah, harus bergerak agar tetap sehat dan kami bergerak dengan seni,” tegasnya.

Untuk anggota Lanosta ini sendiri hingga saat ini yang terdaftar secara resmi sudah 60-an anggota dengan usia beragam. Namun yang belum terdata lebih banyak lagi karena masih terkendala jarak dan domisili. “Yang bergabung di sosial media kita banyak, cuma itu, tak semua yang bergabung di sosial media bisa ikut ke setiap pertemuan karena kendala jarak dan waktu,” jelas Wikanto.

Anggota Lanosta sendiri tak hanya terbatas dari wiayah Depok saja, banyak juga yang bergabung dari luar Depok seperti Jakarta hingga Kota Bogor. “Intinya siapa saja bisa bergabung, kita tak tertutup hanya untuk yang berdomisili di Depok saja,” ujarnya.

Untuk kegiatan yang dilakukan, selain meakukan kegiatan internal, Lanosta juga kerap melakukan kunjungan-kunjungan ke panti-panti jompo dan menghibur teman-teman seusia yang berada disana. “Selain itu juga kita kerap mengunjungi anggota komunitas atau keluarganya yang sedang sakit atau musibah lainnya, minimal yang kita lakukan menghibur lah. Sebisa mungkin juga kita memberikan support materi meski tak banyak,” jelasnya.

Dessy ketika menjuarai salah satu lomba yang diikutinya. (Dok Pribadi)
Dessy ketika menjuarai salah satu lomba yang diikutinya. (Dok Pribadi)

Dessy Miranda, salah seorang anggota komunitas yang kerap mengikuti berbagai ajang lomba menyanyi mengatakan bahwa bersama komunitas lanosta ia sering mengikuti ajang lomba menyanyi yang awalnya hanya iseng dan sekedar mengisi waktu, malah beberapa kali menjadi juara di ajang yang diikutinya.

Untuk pendanaan segala kegiatan, komunitas lanosta mengikuti semuanya dengan pendanaan independen tanpa bantuan dari pihak manapun. “Untuk pendanaan selama ini memang selalu rembukan antar anggota karena kita memang tak mendapat support dari pihak luar,” ujarnya.

Kedepannya, Komunitas Lanosta berharap bahwa akan lebih banyak lagi orang-orang yang dari segi usia sudah memasuki usa sepuh bisa bergabung dan turut serta mengisi hari tua dengan kegiatan positif serta memiliki banyak manfaat untuk banyak orang. (depokpos)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here