Hasil Liga Europa: Roma Lolos, MU Buka Peluang, Inter Juru Kunci

38
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | BISNIS – Manchester United membuka peluang lolos ke babak 32 besar Liga Europa setelah menghantam Feyenoord Rotterdam, sebaliknya Inter Milan tersingkir setelah menelan kekalahan kedua dari klub Israel Hapoel Be’er Sheva.

Rangkaian laga matchday kelima Liga Europa, kompetisi antarklub Eropa level kedua setelah Liga Champions, yang digelar sejak Kamis malam WIB (24/11/2016) hingga Jumat pagi WIB (25/11/2016), meloloskan sembilan tim ke 32 besar, menyusul empat tim yang lebih dulu lolos sejak pekan keempat.

Keempat tim yang telah lebih dulu lolos sejak matchday keempat adalah Zenit St. Petersburg (Grup D), Ajax Amsterdam (G), Shakhtar Donetsk (H), dan Schalke 04 (I).

Adapun sembilan tim yang baru lolos setelah menyelesaikan matchday kelima ialah APOEL, Olympiakos (B), Anderlecht, Saint-Etienne (C), AS Roma (E), Genk, Athletic Bilbao (F), Krasnodar (I), dan Sparta Praha (K).

Dengan 13 tim lolos ke 32 besar, berarti tersisa 11 tiket lagi untuk diperebutkan pada pertandingan terakhir fase grup atau matchday keenam untuk melengkapi 24 tim yang lolos dari fase grup. Adapun delapan tim lagi untuk menggenapkan 32 tim datang dari peringkat ketiga fase grup Liga Champions.

Dalam pertandingan Grup A yang digelar di Stadion Old Trafford, tuan rumah MU menggasak Feyenoord melalui empat gol yang disumbang oleh Wayne Rooney (35’), Juan Mata (69’), bunuh diri kiper Feyenoord yang pernah berkostum Liverpool Bradley Jones (75’), dan Jesse Lingard saat injury time.

Jose Mourinho, pelatih MU yang pada awal musim terlalu sering mendudukkan Rooney di bangku cadangan, agaknya mulai menyadari kekeliruannya dengan menurunkan sang kapten sejak kick off dalam beberapa pertandingan terakhir.

Begitu pula dengan pertandingan kontra Feyenoord, pelatih asal Portugal itu—yang menyebutkan Rooney makin lambat sebagai alasan tidak menurunkan sejak awal di awal musim—kali ini memilih menurunkan top skor sepanjang masa Timnas Inggris itu sejak kick off.

Hasilnya terlihat jelas. Bukan hanya mencetak satu gol, Rooney juga memberi assist untuk gol kedua yang dihasilkan oleh Juan Mata. Rooney baru digantikan Memphis Depay pada menit ke-82 setelah MU unggul 3-0.

Dengan kemenangan itu, peluang MU untuk lolos ke 32 besar terbuka lebar. MU kini duduk di posisi kedua dengan nilai 9, di bawah Fenerbahce (10), serta di atas Feyenoord (7) dan Zorya Luhansk (2).

Kalah dalam pekan keenam di kandang Zorya pun, MU tetap melaju ke fase knock out dengan syarat dalam laga lain Feyenoord maksimal seri ketika menjamu Fenerbahce.

Sedangkan hasil seri versus Zorya akan memastikan Setan Merah melaju ke 32 besar apa pun hasil pertandingan Feyenoord versus Fenerbahce, karena jika Feyenoord menang pun, seberapa telak pun, atas Fenerbahce, MU tetap unggul head to head atas Feyenoord 4-1.

Sementara itu, Inter Milan sebaliknya dipastikan tersingkir setelah kembali menelan kekalahan dari klub Israel Hapoel Be’er Sheva. Kali ini Inter kalah 2-3 di Stadion Yaakov Turner Toto. Pada pertemuan pertama di San Siro, Milan, Inter kalah 0-2.

Secara keseluruhan Inter telah empat kali kalah di Grup K ini, sehingga dipastikan tersingkir dengan hanya mengantungi 3 angka.

Bukan hanya tersingkir, Inter bahkan dipastikan menduduki posisi juru kunci Grup K, karena peringkat ketiga Hapoel Be’er Sheva telah mendulang nilai 7. Kemenangan berapa pun atas Sparta Praha dalam matchday terakhir tak akan menolong Inter naik ke posisi ketiga di klasemen akhir.

Dalam pertandingan di kandang Hapoel, Inter menelan kekalahan dengan cara yang sangat dramatis. Sempat unggul 2-0, namun akhirnya menyerah akibat go tuan rumah pada menit ke-2 injury time babak kedua.

Inter sempat unggul 2-0 hingga menit ke-57 melalui Mauro Icardi (12’) dan Marcelo Brozovic (25’), namun kemudian tuan rumah bangkit lewat tiga gol dari Luciano Maranhao (58’), penalti Anthony Nwakaeme (71’), dan Ben Sahar (90’+2).

Dalam laga di Grup E, AS Roma memastikan lolos ke 32 besar setelah menaklukkan tamunya Viktoria Plzen dengan skor telak 4-1 di Stadion Olimpico Roma.

Keempat gol klub Serie A Italia itu dilesakkan melalui hattrick Edin Dzeko pada menit 10, 61, dan 88, serta bunuh diri bek Viktoria Plzen Ales Mateju pada menit ke-82, sementara gol tim tamu datang dari Martin Zeman pada menit ke-18 yang sempat membuat skor 1-1.

Hasil lengkap matchday kelima:

Grup A: Fenerbahce 2 vs Zorya Luhansk 0; Manchester United 4 vs Feyenoord Rotterdam 0

Grup B: Astana 2 vs APOEL 1; Olympiakos Piraeus 1 vs Young Boys 1

Grup C: Qabala 1 vs Anderlecht 3; Saint-Etienne 0 vs Mainz 0

Grup D: Zenit St. Petersburg 2 vs Maccabi Tel Aviv 0; Dundalk 0 vs AZ Alkmaar 1

Grup E: AS Roma 4 vs Viktoria Plzen 1; Austria Wina 1 vs Astra 2

Grup F: Genk 1 vs Rapid Wina 0; Athletic Bilbao 3 vs Sassuolo 2

Grup G: Celta Vigo 1 vs Standard Liege 1; Ajax Amsterdam 2 vs Panathinaikos 0

Grup H: Shakhtar Donetsk 4 vs Konyaspor 0; Gent 2 vs Sporting Braga 2

Grup I: Krasnodar 1 vs Salzburg 1; Schalke 2 vs OGC Nice 0

Grup J: Slovan Liberec 3 vs Karabakh 0; Fiorentina 2 vs PAOK 3

Grup K: Hapoel Be’er Sheva 3 vs Inter Milan 2; Sparta Praha 1 vs Southampton 0

Grup L: Steaua Bukarest 2 vs Osmanlispor 1; Zurich 1 vs Villarreal 1.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here