Gonta-ganti Pasangan Rentan Terserang Kanker Serviks

33
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | KESEHATAN – Selain disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat, Kanker serviks juga lebih rentan di alami oleh wanita yang kerap gonta ganti pasangan. Hal tersebut diungkapkan salah satu pemateri pada acara sosialisasi Kampung KB di RW 6 Kelurahan Maccini Sombala, Kamis (24/11/2016).

“Kanker serviks disebabkan oleh Virus yang umum ditularkan melalui hubungan seksual. Wanita akan lebih mudah berisiko mengidap kanker serviks ketika ia gonta-ganti pasangan,” kata Dr. Dian Hafid di hadapan ratusan warga yang mayoritas dari kalangan ibu rumah tangga.

Dian menganjurkan agar para wanita rutin memeriksakan kesehatannya ke Puskesmas atau rumah sakit untuk melakukan tes IVA atau pap smear.

Sementara itu, Kepala Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga BKKBN Sulsel, Abdul Gaffar mengatakan, sosialisasi kampung KB merupakan program nasional yang dilaksanakan di seluruh kabupaten kota di Indonesia.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui program kependudukan, keluarga berencana dan pembanguan keluarga dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.

“Ditunjuknya wilayah RW 6 ini, adalah saran dari anggota DPR RI Aliyah Mustika Ilham. Dia duduk di komisi IX dan komisi IX itu bermitra dengan BKKBN,” kata Gaffar.

Pada sosialisasi tersebut juga dilaksanakan sunatan massal dan pemeriksaan kesehatan gratis bekerjasama dengan Lembaga Kesehatan Mahasiswa Islam (LKMI) cabang Makassar timur.

Hadir pula dalam sosialisasi tersebut anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar Susuman Halim dan Agung Wirawan.

(health.rakyatku.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here